Pengembangan instrumen penilaian IPA terpadu untuk mengukur prestasi belajar siswa kelas VII SMP pada tema air limbah rumah tangga / Heni Purwanti

Main Author: Purwanti, Heni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21248/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPurwantiHeni.2010.PengembanganInstrumenPenilaianIPATerpaduuntukMengukurPrestasiBelajarSiswaSMPKelasVIIpadaTemaAirLimbahRumahTangga.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd(II)Dra.EndangPurwaningsihM.SiKatakunciinstrumenpenilaianIPAterpaduprestasibelajarBerdasarkanwawancaradenganguruIPAdiSMPNegeri2TempehLumajangditemukanbahwapembelajaranIPAterpadusudahditerapkan.Namunbelumadainstrumenpenilaianuntukmengukurprestasibelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkaninstrumenpenilaiansesuaidengankarakteristikIPAterpaduuntukmengukurprestasibelajarsiswakelasVIISMPpadatemaAirLimbahRumahTanggadanuntukmenemukankelebihansertakekuranganinstrumenpenilaianIPAterpaduyangdikembangkan.PenelitianinimenggunakandesainRD(researchanddevelopment)yangdikemukakanolehBorgdanGall(1978)yangtelahdimodifikasi.Kegiatanpadalangkah-langkahpenelitianpengembanganiniadalah(1)studipendahuluanyangmeliputistudipustakasurveylapangandanpenyusunandrafinstrumenpenilaiandan(2)pengembanganmeliputijudgementrevisidrafinstrumenpenilaianujicobaterbatasanalisisbutirsoaldanprodukhasilpengembangan.ProdukpengembanganiniadalahinstrumenpenilaianIPAterpaduuntukmengukurprestasibelajarsiswadalambentuksoalpilihangandadenganempatpilihanjawabandanformatpanduanpenilaianproyekbesertarubrikpenilaiannya.Hasilpengembanganolehevaluatormenunjukkanbahwainstrumenpenilaiantertulisyangdikembangkanmemenuhikriteriabaikdenganpersentase8667%daninstrumenpenilaianproyekyangdikembangkanmemenuhikriteriabaikdenganpersentase8438%.Berdasarkanhasilanalisisbutirsoalyangmeliputivaliditastarafkesukarandayabedadanreliabilitasdiketahuibahwadari40butirsoalyangdibuatbutirsoalyangditerimatanparevisisebanyak7917%(38butirsoal)butirsoalyangditerimadenganrevisisebanyak1042%(5butirsoal)dansebanyak1042%(5butirsoal)ditolak.Kelebihaninstrumenpenilaianiniadalahdapatdigunakansebagaiinstrumenpenilaianuntukmengukurpadaprestasibelajarsiswadanpelengkapinstrumenpenilaiandalampembelajaranterpadu.Selainitupemeriksaanhasiltesdapatdibantuolehoranglainsehinggadapatdilakukandenganlebihcepatdanmudah.Kekurangannyaadalahuntukinstrumenpenilaiantertulishanyadivalidasiempiriksedangkaninstrumenpenilaianproyekhanyadivalidasiahlisehinggamasihharusdilakukanpenelitianempirikselanjutnyauntukmengetahuikualitasinstrumenyangdikembangkan.