Pengembangan instrumen penilaian IPA terpadu untuk mengukur prestasi belajar siswa kelas VII SMP pada tema air limbah rumah tangga / Heni Purwanti
Main Author: | Purwanti, Heni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21248/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPurwantiHeni.2010.PengembanganInstrumenPenilaianIPATerpaduuntukMengukurPrestasiBelajarSiswaSMPKelasVIIpadaTemaAirLimbahRumahTangga.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd(II)Dra.EndangPurwaningsihM.SiKatakunciinstrumenpenilaianIPAterpaduprestasibelajarBerdasarkanwawancaradenganguruIPAdiSMPNegeri2TempehLumajangditemukanbahwapembelajaranIPAterpadusudahditerapkan.Namunbelumadainstrumenpenilaianuntukmengukurprestasibelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkaninstrumenpenilaiansesuaidengankarakteristikIPAterpaduuntukmengukurprestasibelajarsiswakelasVIISMPpadatemaAirLimbahRumahTanggadanuntukmenemukankelebihansertakekuranganinstrumenpenilaianIPAterpaduyangdikembangkan.PenelitianinimenggunakandesainRD(researchanddevelopment)yangdikemukakanolehBorgdanGall(1978)yangtelahdimodifikasi.Kegiatanpadalangkah-langkahpenelitianpengembanganiniadalah(1)studipendahuluanyangmeliputistudipustakasurveylapangandanpenyusunandrafinstrumenpenilaiandan(2)pengembanganmeliputijudgementrevisidrafinstrumenpenilaianujicobaterbatasanalisisbutirsoaldanprodukhasilpengembangan.ProdukpengembanganiniadalahinstrumenpenilaianIPAterpaduuntukmengukurprestasibelajarsiswadalambentuksoalpilihangandadenganempatpilihanjawabandanformatpanduanpenilaianproyekbesertarubrikpenilaiannya.Hasilpengembanganolehevaluatormenunjukkanbahwainstrumenpenilaiantertulisyangdikembangkanmemenuhikriteriabaikdenganpersentase8667%daninstrumenpenilaianproyekyangdikembangkanmemenuhikriteriabaikdenganpersentase8438%.Berdasarkanhasilanalisisbutirsoalyangmeliputivaliditastarafkesukarandayabedadanreliabilitasdiketahuibahwadari40butirsoalyangdibuatbutirsoalyangditerimatanparevisisebanyak7917%(38butirsoal)butirsoalyangditerimadenganrevisisebanyak1042%(5butirsoal)dansebanyak1042%(5butirsoal)ditolak.Kelebihaninstrumenpenilaianiniadalahdapatdigunakansebagaiinstrumenpenilaianuntukmengukurpadaprestasibelajarsiswadanpelengkapinstrumenpenilaiandalampembelajaranterpadu.Selainitupemeriksaanhasiltesdapatdibantuolehoranglainsehinggadapatdilakukandenganlebihcepatdanmudah.Kekurangannyaadalahuntukinstrumenpenilaiantertulishanyadivalidasiempiriksedangkaninstrumenpenilaianproyekhanyadivalidasiahlisehinggamasihharusdilakukanpenelitianempirikselanjutnyauntukmengetahuikualitasinstrumenyangdikembangkan.