Penerapan pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan teknik talking chip untuk meningkatkan keaktifan berpendapat dan hasil belajar fisika pokok bahasan usaha dan energi siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Malang / Amelia Dwi Puji Istiyana

Main Author: Istiyana, Amelia Dwi Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21108/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIstiyanaAmeliaDwiPuji.2009.PenerapanPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)denganTeknikTalkingChipuntukMeningkatkanKeaktifanBerpendapatdanHasilBelajarFisikaPokokBahasanUsahadanEnergiSiswaKelasVIIIESMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.EndangPurwaningsihM.Si(II)Dr.MuhardjitoM.SKatakunciPBMPTeknikTalkingChipKeaktifanBerpendapatHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasidanwawancaraterhadapgurumatapelajaranFisikadiperolehbahwasiswakelasVIIIESMPNegeri4MalangmasihbelummaksimaldalampembelajaranFisika.Sangatsedikitsiswayangbertanyadanjawabanyangdiberikanseringkalimasihbersifattertutup.Sedikitsekalisiswayangberpendapatmenurutbahasanyasendirisaatpembelajaranfisika.Selainitusiswajugamudahlupakonsep-konsepyangtelahdiperolehterdahulusehinggapadasaatgurubertanyabanyaksiswayangdiam.Siswacenderungbermain-mainsendiridantidakmemperhatilanpenjelasanguru.SehinggahasilbelajarsiswakelasVIIIESMPNegeri4Malangrendah.UntukmeningkatkanhasilbelajarFisikadankeaktifanberpendapatsiswakelasVIIIESMPNegeri4Malangtersebutmakaditerapkanpolapembelajaranpemberdayaanberpikirmelaluipertanyaan(PBMP)denganteknikTalkingChip.Pembelajaranpemberdayaanberpikirmelaluipertanyaan(PBMP)merupakanpolapembelajaranyangberusahamemberdayakanpemikiranmelaluipertanyaan.Polapembelajaraninisejalandenganteorikonstruktivisme.Siswasecaraaktifmenemukandanmentransformasikaninformasikompleksyangingindiperolehsecaraindividu.TeknikTalkingChipmerupakanbagiandaristrategipembelajaranCooperativeLearningyangdilakukandalamkelompokkecil.PenggabunganantarapolaPBMPdenganteknikTalkingChipjugatergolongpembelajarankonstruktivismeyangdapatmemicusiswauntuklebihaktifdalamprosespembelajaranuntukmeningkatkankeaktifanberpendapatdanhasilbelajarFisikasiswakelasVIIIESMPN4Malang.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifyangmenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalamduasiklus.PembelajaransiklusIdilaksanakandengancarapengerjaanlembarsoalPBMPdenganteknikTalkingChip.PembelajaransiklusIIdilaksanakandengancarapengerjaanlembarsoalPBMPdenganteknikTalkingChipdenganmetodepraktikum.DarihasilpenelitianpadasiklusIsudahmulaiadanyapeningkatanjumlahsiswayangberpendapatdenganrata-rata228.HasilbelajarpadasiklusIdapatdilihatdarirata-ratakelasdiperoleh565.PadasiklusII.terjadipeningkatanrata-ratajumlahsiswayangberpendapatsebesar262sedangkanuntukhasilbelajarmeningkatsebesar46%.DarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpolapembelajaranPemberdayaanBerpikirMelaluiMertanyaan(PBMP)denganteknikTalkingChipdapatmeningkatkankeaktifanberpendapatdanhasilbelajarfisikasiswakelasVIIIESMPN4Malang.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbagigurufisikauntukmenerapkanpolapembelajaranPBMPdenganteknikTalkingChipsebagaisalahsatuvariasimetodepembelajarandikelas.