Penerapan pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan teknik talking chip untuk meningkatkan keaktifan berpendapat dan hasil belajar fisika pokok bahasan usaha dan energi siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Malang / Amelia Dwi Puji Istiyana
Main Author: | Istiyana, Amelia Dwi Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/21108/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIstiyanaAmeliaDwiPuji.2009.PenerapanPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)denganTeknikTalkingChipuntukMeningkatkanKeaktifanBerpendapatdanHasilBelajarFisikaPokokBahasanUsahadanEnergiSiswaKelasVIIIESMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.EndangPurwaningsihM.Si(II)Dr.MuhardjitoM.SKatakunciPBMPTeknikTalkingChipKeaktifanBerpendapatHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasidanwawancaraterhadapgurumatapelajaranFisikadiperolehbahwasiswakelasVIIIESMPNegeri4MalangmasihbelummaksimaldalampembelajaranFisika.Sangatsedikitsiswayangbertanyadanjawabanyangdiberikanseringkalimasihbersifattertutup.Sedikitsekalisiswayangberpendapatmenurutbahasanyasendirisaatpembelajaranfisika.Selainitusiswajugamudahlupakonsep-konsepyangtelahdiperolehterdahulusehinggapadasaatgurubertanyabanyaksiswayangdiam.Siswacenderungbermain-mainsendiridantidakmemperhatilanpenjelasanguru.SehinggahasilbelajarsiswakelasVIIIESMPNegeri4Malangrendah.UntukmeningkatkanhasilbelajarFisikadankeaktifanberpendapatsiswakelasVIIIESMPNegeri4Malangtersebutmakaditerapkanpolapembelajaranpemberdayaanberpikirmelaluipertanyaan(PBMP)denganteknikTalkingChip.Pembelajaranpemberdayaanberpikirmelaluipertanyaan(PBMP)merupakanpolapembelajaranyangberusahamemberdayakanpemikiranmelaluipertanyaan.Polapembelajaraninisejalandenganteorikonstruktivisme.Siswasecaraaktifmenemukandanmentransformasikaninformasikompleksyangingindiperolehsecaraindividu.TeknikTalkingChipmerupakanbagiandaristrategipembelajaranCooperativeLearningyangdilakukandalamkelompokkecil.PenggabunganantarapolaPBMPdenganteknikTalkingChipjugatergolongpembelajarankonstruktivismeyangdapatmemicusiswauntuklebihaktifdalamprosespembelajaranuntukmeningkatkankeaktifanberpendapatdanhasilbelajarFisikasiswakelasVIIIESMPN4Malang.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifyangmenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalamduasiklus.PembelajaransiklusIdilaksanakandengancarapengerjaanlembarsoalPBMPdenganteknikTalkingChip.PembelajaransiklusIIdilaksanakandengancarapengerjaanlembarsoalPBMPdenganteknikTalkingChipdenganmetodepraktikum.DarihasilpenelitianpadasiklusIsudahmulaiadanyapeningkatanjumlahsiswayangberpendapatdenganrata-rata228.HasilbelajarpadasiklusIdapatdilihatdarirata-ratakelasdiperoleh565.PadasiklusII.terjadipeningkatanrata-ratajumlahsiswayangberpendapatsebesar262sedangkanuntukhasilbelajarmeningkatsebesar46%.DarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpolapembelajaranPemberdayaanBerpikirMelaluiMertanyaan(PBMP)denganteknikTalkingChipdapatmeningkatkankeaktifanberpendapatdanhasilbelajarfisikasiswakelasVIIIESMPN4Malang.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbagigurufisikauntukmenerapkanpolapembelajaranPBMPdenganteknikTalkingChipsebagaisalahsatuvariasimetodepembelajarandikelas.