Pembelajaran model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IX SMPN 2 Sumenep / Faizal Rahman Syah

Main Author: Syah, Faizal Rahman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/21094/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFaizalRahmanSyah.2009.PembelajaranModelProblemBasedLearninguntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarSiswaKelasIXSMPNegeri2Sumenep.SkripsiJurusanPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MuhardjitoM.S.(2)SugiyantoM.Si.KataKunciProblemBasedLearningkemampuanberpikirkritishasilbelajar.Konseppembelajaranyangmenekankanpadaketerkaitanantaramateridengandunianyatamemegangperananpentingsehinggaparapesertadidikmampumenghubungkandanmenerapkanhasilpembelajarandalamkehidupansehari-hari.Melaluiprosespenerapantersebutsiswamerasakanpentingnyabelajardanmaknayangmendalamterhadapapayangdipelajarinya.Pemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajarmerupakanlangkahyangtepatdalamupayalebihmendekatkanketerkaitanantaraduniakehidupannyatadenganmateripembelajaran.Kegiatanmenghitungbiayalistrikyangdibayarkanmemberikanpengalamankepadasiswamengetahuimenghitungbiayalistriktersebut.Diharapakndenganpengalamanpembelajarantersebutdapatditerapkandidalamkehidupansehari-harisehinggatimbulpemahamanbagaiamancaramemamnfaatkanenergilsitrikdengantepat.SiswakelasIX2SMPNegeri2Sumenepdirasakankurangaktifdalampembelajarandenganjumlahsiswayangcukupbesaryaitusebanyak46orang.Siswaakanmenyampaikanpendapatnyajikamendapatinstruksiatauarahandariguru.Selainituinteraksiantarsiswamasihkurang.Interaksiinidibutuhkanuntukmelatihkemampuanberpikirkritissiswadalamberinteraksidenganyanglain.ProblemBasedLearningmerupakansuatumodelpembelajaranyangmenjadikanpermasalahandalamdunianyatasebagailangkahawaldalampembelajaran.Haliniselainuntukmemotivasisiswadalampembelajaranjugamerupakanlangkahyangtepatdalammenerapkanketerkaitanantarapembelajarandengandunianyatasehinggapembelajaranyangbermaknasecarafungsionaldapatterlaksana.Artinyapesertadidikdapatmenerapkanpembelajarandalamkehidupannyatadanberpengaruhterhadapperilakukehidupannya.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatifsebanyakduasiklusdilakukandiSMPNegeri2SumeneppadabulanNovembersampaiDesember.SubyekyangmenjadipenelitianadalahsiswakelasIXIIdenganjumlahsiswasebanyak46orangsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanpeningkatanketercapaianpelaksanaanpembelajaranmodelProblemBasedLearningsebesar4.5%.Kemampuanberpikirsiswameningkatsebesar15%denganrinciankemampuanmemberikanpenjelasanmeningkatsebesar10%membangunketerampilandasarsebesar2%menyimpulkanmeningkatsebesar17%memberikanpenjelasanmeningkatsebesar24%mengaturstrategidanteknikmeningkatsebesar23%.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatansebesar18%dari53%padasiklusImenjadi71%padasiklusII.DengandemikianmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.