Keefektifan teknik reinforcement untuk meningkatkan self discipline akademik siswa SMP / Deta Ayu Retnosari
Main Author: | Retnosari, Deta Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2105/ |
Daftar Isi:
- RetnosariDetaAyu.2014.KeefektifanTeknikReinforcementuntukMeningkatkanSelfDisciplineAkademikSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.NurHidayahM.Pd(2)Dra.Hj.EllaFaridatiZenM.Pd.KataKuncireinforcementselfdisciplineakademiksiswaSMPSiswaSMPmemilikibeberapaharapandanimpianyangtinggi.MerekaberusahadapatmencapaiimpiannyadenganberbagaicarabahkanmayoritassiswaSMPinginmeraihnyadengancarayanginstan.Dalammencapaiimpiannyatersebutsiswamembuatbeberapatargetdalambelajarnyaakantetapibanyakyangmeleset.Siswalebihsukamengulur-ngulurwaktudanmendahulukankepentinganyangtidakadasangkutpautnyadengankehidupanbelajarnya.Rendahnyasikaptanggungjawabdankesadarandalambelajarmembuatsiswalupaterhadapkewajibannyasebagaipelajaryaitubelajar.Perludilatihnyaselfdisciplineakademiksupayasiswadapatmencapaiharapandanimpiannyasesuaidengantargetyangtelahmerekatentukan.Reinforcementmerupakansalahsatuteknikyangadadidalamkonselingbehavioral.Teknikreinforcementiniadalahsalahsatucarayangdapatmemperkuatdanmeningkatkansuatuperilakusalahsatunyaadalahperilakuselfdisciplineakademiksiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanteknikreinforcementdalammeningkatkanselfdisciplineakademiksiswaSMP.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPyangmemilikiselfdisciplineakademiktergolongrendahyangterdiridarilimasiswa.Desainpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemudenganinterruptedtimeseries.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahskalaselfdisciplineakademikyangtelahdiujivaliditasdanreliabilitasnya.DataskalaselfdisciplineakademikdianalisisdenganujistatistiknonparametricWilcoxon.HasilujiWilcoxonmenunjukkanadanyaperbedaantingkatselfdisciplineakademiksebelumdansesudahpemberiantreatmentsecaraberulangdengannilaiz-2023padatingkatsignifikansi0043005artinyaH0ditolak.DapatdisimpulkanbahwateknikreinforcementefektifuntukmeningkatkanselfdisciplineakademiksiswaSMP.Berdasarkanhasilpenelitianinidiajukansaranuntukkonselordanpenelitiselanjutnya.Saranbagikonseloradalahkonselordapatmenggunakanteknikreinforcementjikaadasiswayangmengalamipermasalahanmengenairendahnyaselfdisciplineakademik.SaranbagipenelitiselanjutnyaadalahjikainginmenelitidisarankanuntukmenggunakandesainlainsepertisinglesubjectdesignpenelitianeksperimenyangmenggunakankelompokkontroldanmemperluassubjekpenelitiandiSMPkotaMalang.