Keefektifan teknik reinforcement untuk meningkatkan self discipline akademik siswa SMP / Deta Ayu Retnosari

Main Author: Retnosari, Deta Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2105/
Daftar Isi:
  • RetnosariDetaAyu.2014.KeefektifanTeknikReinforcementuntukMeningkatkanSelfDisciplineAkademikSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.NurHidayahM.Pd(2)Dra.Hj.EllaFaridatiZenM.Pd.KataKuncireinforcementselfdisciplineakademiksiswaSMPSiswaSMPmemilikibeberapaharapandanimpianyangtinggi.MerekaberusahadapatmencapaiimpiannyadenganberbagaicarabahkanmayoritassiswaSMPinginmeraihnyadengancarayanginstan.Dalammencapaiimpiannyatersebutsiswamembuatbeberapatargetdalambelajarnyaakantetapibanyakyangmeleset.Siswalebihsukamengulur-ngulurwaktudanmendahulukankepentinganyangtidakadasangkutpautnyadengankehidupanbelajarnya.Rendahnyasikaptanggungjawabdankesadarandalambelajarmembuatsiswalupaterhadapkewajibannyasebagaipelajaryaitubelajar.Perludilatihnyaselfdisciplineakademiksupayasiswadapatmencapaiharapandanimpiannyasesuaidengantargetyangtelahmerekatentukan.Reinforcementmerupakansalahsatuteknikyangadadidalamkonselingbehavioral.Teknikreinforcementiniadalahsalahsatucarayangdapatmemperkuatdanmeningkatkansuatuperilakusalahsatunyaadalahperilakuselfdisciplineakademiksiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanteknikreinforcementdalammeningkatkanselfdisciplineakademiksiswaSMP.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPyangmemilikiselfdisciplineakademiktergolongrendahyangterdiridarilimasiswa.Desainpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemudenganinterruptedtimeseries.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahskalaselfdisciplineakademikyangtelahdiujivaliditasdanreliabilitasnya.DataskalaselfdisciplineakademikdianalisisdenganujistatistiknonparametricWilcoxon.HasilujiWilcoxonmenunjukkanadanyaperbedaantingkatselfdisciplineakademiksebelumdansesudahpemberiantreatmentsecaraberulangdengannilaiz-2023padatingkatsignifikansi0043005artinyaH0ditolak.DapatdisimpulkanbahwateknikreinforcementefektifuntukmeningkatkanselfdisciplineakademiksiswaSMP.Berdasarkanhasilpenelitianinidiajukansaranuntukkonselordanpenelitiselanjutnya.Saranbagikonseloradalahkonselordapatmenggunakanteknikreinforcementjikaadasiswayangmengalamipermasalahanmengenairendahnyaselfdisciplineakademik.SaranbagipenelitiselanjutnyaadalahjikainginmenelitidisarankanuntukmenggunakandesainlainsepertisinglesubjectdesignpenelitianeksperimenyangmenggunakankelompokkontroldanmemperluassubjekpenelitiandiSMPkotaMalang.