Pengaruh prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan perilaku konsumsi terhadap minat menabung siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen / Moren Ika Lia Wati
Main Author: | Wati, Moren Ika Lia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20974/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANWatiMorenIkaLia2018.PengaruhPrestasiBelajarStatusSosialEkonomiOrangTuaDanPerilakuKonsumsiTerhadapMinatMenabungSiswakelasxIPSSMAN1Turen.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HariWahyonoM.PdKataKunciprestasibelajarstatussosialekonomiorangtuaperilakukonsumsiminatmenabung.Prestasibelajarstatussosialekonomiorangtuadanperilakukonsumsimerupakanbeberapafaktoryangdapatmempengaruhiminatmenabung.Siswadenganprestasiyangtinggidanmampuberfikirrasionalpastiakandenganmudahberminatuntukmenabung.Dengansiswamampuberfikirrasionalsiswaakanlebihmudahmenyisihkanuangsakuyangdiperolehdariorangtua.Sehinggastatussosialekonomiorangtuamerupakanpendorongsiswauntungmenabung.Denganadanyauangsakudariorangtuamembuatsiwamelakukantindakankonsumsisiswayangberperilakukonsumsisecararasionalmampuuntukmenyisihkanuangnyauntukditabung.PadaakhirnyaketigahaltersebutdiharapkanakanterusmeningkatkanminatmenabungsiswakelasXIPSSMANTuren.RumusanmasalahdalampenelitianiniyaituuntukmengetahuipengaruhantaraprestasibelajarstatussosialekonomiorangtuadanperilakukonsumsiterhadapminatmenabungsiswakelasXIPSSMAN1Turensecaraparsialmaupunsilmutan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIPSSAN1Turensebanyak136siswa.PengambilansampeldalampenelitianiniberdasarkanrumusSlovinDenganteknikRandomSamplingdandiperolehsamplesebanyak100responden.Metodeanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresilinierberganda.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahmenggunakanangketuntukmengukurvariabelstatussosialekonomiorangtuaperilakukonsumsidanminatmenabung.Sedangkandokumennilaiuntukvariabelprestasibelajar.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)terdapatpengaruhprestasibelajar(X1)terhadapminatmenabung(Y)(2)terdapatpengaruhstatussosialekonomiorangtua(X2)terhadapminatmenabung(Y)(3)terdapatpengaruhperilakukonsumsi(X3)terhadapminatmenabung(Y).Saranyangbisadiberikanyaitu(1)bagipendidikperlumengembangkanpembelajarantentangpentingnyamenabung.(2)bagimahasiswaagardapatlebihmemahamipentingnyamenabungdanmenerapkankonsepekonomiyangdimiliki.