Pengaruh prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan perilaku konsumsi terhadap minat menabung siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen / Moren Ika Lia Wati

Main Author: Wati, Moren Ika Lia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20974/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANWatiMorenIkaLia2018.PengaruhPrestasiBelajarStatusSosialEkonomiOrangTuaDanPerilakuKonsumsiTerhadapMinatMenabungSiswakelasxIPSSMAN1Turen.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HariWahyonoM.PdKataKunciprestasibelajarstatussosialekonomiorangtuaperilakukonsumsiminatmenabung.Prestasibelajarstatussosialekonomiorangtuadanperilakukonsumsimerupakanbeberapafaktoryangdapatmempengaruhiminatmenabung.Siswadenganprestasiyangtinggidanmampuberfikirrasionalpastiakandenganmudahberminatuntukmenabung.Dengansiswamampuberfikirrasionalsiswaakanlebihmudahmenyisihkanuangsakuyangdiperolehdariorangtua.Sehinggastatussosialekonomiorangtuamerupakanpendorongsiswauntungmenabung.Denganadanyauangsakudariorangtuamembuatsiwamelakukantindakankonsumsisiswayangberperilakukonsumsisecararasionalmampuuntukmenyisihkanuangnyauntukditabung.PadaakhirnyaketigahaltersebutdiharapkanakanterusmeningkatkanminatmenabungsiswakelasXIPSSMANTuren.RumusanmasalahdalampenelitianiniyaituuntukmengetahuipengaruhantaraprestasibelajarstatussosialekonomiorangtuadanperilakukonsumsiterhadapminatmenabungsiswakelasXIPSSMAN1Turensecaraparsialmaupunsilmutan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIPSSAN1Turensebanyak136siswa.PengambilansampeldalampenelitianiniberdasarkanrumusSlovinDenganteknikRandomSamplingdandiperolehsamplesebanyak100responden.Metodeanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresilinierberganda.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahmenggunakanangketuntukmengukurvariabelstatussosialekonomiorangtuaperilakukonsumsidanminatmenabung.Sedangkandokumennilaiuntukvariabelprestasibelajar.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)terdapatpengaruhprestasibelajar(X1)terhadapminatmenabung(Y)(2)terdapatpengaruhstatussosialekonomiorangtua(X2)terhadapminatmenabung(Y)(3)terdapatpengaruhperilakukonsumsi(X3)terhadapminatmenabung(Y).Saranyangbisadiberikanyaitu(1)bagipendidikperlumengembangkanpembelajarantentangpentingnyamenabung.(2)bagimahasiswaagardapatlebihmemahamipentingnyamenabungdanmenerapkankonsepekonomiyangdimiliki.