Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap prestasi belajar bab elastisitas pada siswa kelas X MM SMK-Al-Huda Kediri / Galang Yosa Nur Rokhim

Main Author: Rokhim, Galang Yosa Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20947/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKRokhimGalangYosaNur.2016.PengaruhModelStudentTeamAchievementDivision(STAD)terhadapPrestasiBelajarBabElastisitasPadaSiswaKelasXMMSMKAl-HudaKediri.SkripsiJurusanFisikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DwiHaryotoDrs.M.Pd.(II)SujitoS.Pd.M.Si.KataKuncimodelpembelajaranSTADprestasibelajarPelaksanaanpembelajaranmasihmengalamimasalahyaitupembelajaranmasihdidominasiolehgurudansiswacenderungbersikappasifselamaprosespembelajaransehinggaprestasibelajaryangdidapatkurangmaksimal.Haltersebutdisebabkanmodelpembelajaranyangkurangtepat.UntukmengatasihaltersebutpenelitimencobamenerapkanmodelpembelajarantipeSTADuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.STADadalahsuatumodelpembelajaranyangmenekankanpadaadanyaaktivitasdaninteraksidiantarasiswauntuksalingmembantudalammenguasaimateripelajarangunamencapaiprestasiyangmaksimal.ModelPembelajaranSTADterdiridari5tahapyaitupresentasikelasolehgurukerjatimkuispensekorandanpenghargaan.Tahappresentasikelasmembantusiswamemahamimateripelajarandanpemahamansiswadiperkuatsaatkerjatim.Adanyakuisdanpenghargaandiakhirpembelajaranmembuatsiswaantusiasmelakukankegiatanbelajardikelas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipegaruhpembelajaranSTADterhadapprestasibelajarfisikasiswapadababelastisitas.Penelitianinimerupakanpenilitianquasy-experimentaldengandesainpenelitianyaituPostestOnly.PopulasipenelitianyangdigunakanadalahseluruhsiswakelasXAl-HudaKedirisebanyak3kelas.Sampeldalampenelitianinidiambilduakelasdenganteknikquotasamplingyaitu25siswakelasXMM1sebagaikelaseksperimendan25siswaXMM2sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupasoalpost-testfisikamaterielastisitas.Dataprestasibelajardiperolehdarinilaipost-testfisikapadaakhirpembelajaranmaterielastisitas.Teknikanalisisdatayangdigunakanuntukmembuktikanhipotesispenelitianiniadalahuji-tukey.Sebelumdilakukanujitukeydilakukanujiprasyaratyaituujinormalitasdanhomogenitasdataprestasibelajarfisikasiswa.HasilujiujitukeymenunjukkanbahwaQhitungQtabel443292.DengandemikianhipotesispenelitianditerimayaituprestasibelajarsiswayangmenggunakanpembelajaranSTADlebihbaikdibandingkandenganprestasibelajarsiswayangdiajarsecarakonvensional.