Pengaruh model pembelajaran inkuiri melalui percobaan Rill-virtual terhadap peningkatan literasi sains dan metakognitif siswa kelas X MIPA SMAN 1 Dampit materi momentum impuls dan tumbukan / Nilasari

Main Author: Nilasari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20908/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANNilasari.2018.PengaruhModelPembelajaranInkuiriMelaluiPercobaanRill-VirtualTerhadapPeningkatanLiterasiSainsdanMetakognitifSiswaKelasXMIPASMAN1DampitMateriMomentumImpulsdanTumbukan.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WartonoM.Pd.(II)Drs.DwiHaryotoM.Pd.KatakunciInkuirimelaluipercobaanrill-virtualliterasisainsmetakognitifInkuirimelaluipercobaanrill-virtualmerupakanpembelajaranyangdalamprosesnyamelibatkanaktivitaspenyelidikanberupapercobaanrillyangkemudiandikonfirmasimelaluikegiatanvirtualPhet.Inkuirimelaluipercobaanrill-virtualmenekankankemampuansiswadalammenemukansendirikonsepyangkemudiandikaitkandenganpermasahandikehidupansehari-haridanmenjadikansiswapembelajarmandiriyangdapatmeningkatkanaktivitasmetakognitif.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpeningkatanliterasisainsdanmetakognitifsiswayangdiberipembelajaranInkuirimelaluiPercobaanRill-Virtualdengansiswayangdiberimodelpembelajarankonvensional.Penelitianinimenggunakanrancanganquasyexperimentpretest-posttestcontrolgroupdesain.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXMIPASMAN1Dampit.SampeldalampenelitianiniyaitukelasXMIPA5sebagaikelaseksperimendanXMIPA6sebagaikelascontrolyangdipilihmenggunakanclusterrandomsampling.Literasisainsdiukurdenganmenggunakaninstrumenberupatesuraiandanmetakognitifsiswadiukurdenganangketmetakognitif.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditastarafkesukarandayapembedadanreliabilitas.HasiltesdiujiprasyaratmenggunakannormalitasLilieforsdanhomogenitasmenggunakanUjiHarley.Ujikesamaankeadaanawaldiujidengant-testduaekordanujihipotesismenggunakanAnavaABdengantarafsignifikansi5%.HasilUjiAnavaABliterasisainsdidapatFhit61408untukdatavarianantarpembelajaran(A)disimpulkanbahwapeningkatanliterasisainssiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuirimelaluipercobaanrill-virtuallebihtinggidaripadakelaskonvensional.Datavarianantarkemampuanawal(B)didapatFhit131408disimpulkanbahwapeningkatanliterasisainssiswayangberkemampuanawaltinggi-rendahyangdibelajarkandenganmodelinkuirimelauipercobaanrill-virtuallebihtinggidaripadakelaskonvensonal.HasilUjiAnavaABmetakognitifdidapatFhit10408untukdatavarianantarpembelajaran(A)disimpulkanbahwapeningkatanmetakognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuirimelaluipercobaanrill-virtuallebihtinggidaripadakelaskonvensional.Datavarianantarkemampuanawal(B)didapatFhit125408disimpulkanbahwapeningkatanmetakognitifsiswayangberkemampuanawaltinggi-rendahyangdibelajarkandenganmodelinkuirimelauipercobaanrill-virtuallebihtinggidaripadakelaskonvensional.Berdasarkanhasiltersebutdisarankankepadapendidikuntukmenerapkanmodelpembelajarninkuirimelauipercobaanrill-virtualpadapembelajarnfisika.