Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung pada pokok bahasan suhu dan kalor / Bimbi Aprilia Indrayanti
Main Author: | Indrayanti, Bimbi Aprilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20826/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIndrayantiBimbiAprilia.2016.PengaruhModelPembelajaranProblemPosingterhadapKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelasXSMAN1GondangpadapokokbahasanSuhudanKalor.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ParnoM.Si(II)Drs.PurboSuwasonoM.Si.KataKunciModelPembelajaranProblemPosingKemampuanBerpikirKreatifSuhudanKalorProblemPosingadalahmodelpembelajarandimanasiswamembuatmasalah/soalkemudianmencarisolusidarisoaltersebut.GurusebagaifasilitatormengajaksiswauntukterlibataktifdalamsetiaptahappembelajaranProblemPosing.TahapanpembelajaranProblemPosingdiawalidenganmendeskripsikansituasi/informasimendefinisikanmasalahmenampilkanmasalahmenyelesaikanmasalahdanmendiskusikanalternatifpemecahanmasalah.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemampuanberpikirkreatifsiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosingdansiswayangbelajarsecarakonvensional.Penelitianinimenggunakanrancangankuasieksperimen.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXMIASMAN1Gondang.SampeldalampenelitianiniyaitukelasX-MIA1sebagaikelaseksperimendankelasX-MIA4sebagaikelaskontrolyangdipilihmenggunakanteknikClusterRandomSampling.Kemampuanberpikirkreatifsiswadiukurmenggunakaninstrumenyangberupatesessay.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.HasiltesdiujiprasyaratmenggunakanujinormalitasChi-SquaredanujihomogenitasUjiHarley.SelanjutnyadilanjutkanujihipotesismenggunakanUjitdengantarafsignifikansi5%.Hasilujitkemampuanberpikirkreatifdidapatttabel199