Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung pada pokok bahasan suhu dan kalor / Bimbi Aprilia Indrayanti

Main Author: Indrayanti, Bimbi Aprilia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20826/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIndrayantiBimbiAprilia.2016.PengaruhModelPembelajaranProblemPosingterhadapKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelasXSMAN1GondangpadapokokbahasanSuhudanKalor.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ParnoM.Si(II)Drs.PurboSuwasonoM.Si.KataKunciModelPembelajaranProblemPosingKemampuanBerpikirKreatifSuhudanKalorProblemPosingadalahmodelpembelajarandimanasiswamembuatmasalah/soalkemudianmencarisolusidarisoaltersebut.GurusebagaifasilitatormengajaksiswauntukterlibataktifdalamsetiaptahappembelajaranProblemPosing.TahapanpembelajaranProblemPosingdiawalidenganmendeskripsikansituasi/informasimendefinisikanmasalahmenampilkanmasalahmenyelesaikanmasalahdanmendiskusikanalternatifpemecahanmasalah.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemampuanberpikirkreatifsiswayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosingdansiswayangbelajarsecarakonvensional.Penelitianinimenggunakanrancangankuasieksperimen.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXMIASMAN1Gondang.SampeldalampenelitianiniyaitukelasX-MIA1sebagaikelaseksperimendankelasX-MIA4sebagaikelaskontrolyangdipilihmenggunakanteknikClusterRandomSampling.Kemampuanberpikirkreatifsiswadiukurmenggunakaninstrumenyangberupatesessay.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.HasiltesdiujiprasyaratmenggunakanujinormalitasChi-SquaredanujihomogenitasUjiHarley.SelanjutnyadilanjutkanujihipotesismenggunakanUjitdengantarafsignifikansi5%.Hasilujitkemampuanberpikirkreatifdidapatttabel199