Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan elastisitas untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MM-TKJ SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk / Sakinatul Muhimmah

Main Author: Muhimmah, Sakinatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20805/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMuhimmahSakinatul.2016.PenerapanModelPembelajaranSTAD(StudentTeamsAchievmentDivision)PadaPokokBahasanElastisitasuntukMeningkatkanMotivasidanPrestasiBelajarSiswaKelasXMM-TKJSMKMuhammadiyah3Nganjuk.SkripsiJurusanFisikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(II)NurilMunfaridahS.PdM.Pd.KataKuncimodelpembelajaranSTADmotivasiprestasibelajarHasilobservasidiSMKMuhammadiyah3Nganjukmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswatergolongrendah.Rendahnyamotivasibelajarsiswaberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswa.Berdasarkannilaiujiansemesterganjiltahunpelajaran2015/2016diketahuibahwapersentaseketuntasanbelajarFisikakhususnyakelasXMM-TKJmasihrendah.STADadalahsalahsatumodelpembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswayangpadaakhirnyadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.ModelPembelajaranSTADterdiridari5tahapyaitupresentasikelasolehgurukerjatimkuispensekorandanpenghargaan.Tahappresentasikelasmembantusiswamemahamimateripelajaran.Pemahamansiswadiperkuatsaatkerjatim.Kuisdanpenghargaandiakhirpembelajaranmembuatsiswaantusiasmelakukankegiatanbelajardikelas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanamodelpembelajaranSTADdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanjenispenilitiantindakankelas(PTK)yangdilakukanselamaduasiklus.Subjekpenelitianyaitu21siswakelasXMM-TKJSMKMuhammadiyah3Nganjuk.Instrumenpenelitianberupalembarketerlaksanaanpembelajaranangketmotivasibelajardansoaltesfisikamaterielastisitas.DataketerlaksananpembelajaranSTADdiperolehdarihasilobservasiketerlaksanaanpembelajarandatamotivasibelajarsiswadiperolehdaripengisianangketmotivasidandataprestasibelajardiperolehdarinilaitesfisikasetiapakhirsiklus.Analisisdatadalampenelitianinidilakukansecarakualitatifdandidukungdengananalisiskuantitatifdenganmenghitungpersentaseketerlaksanaanpembelajaranjumlahsekormotivasibelajartiapsiswasekorreratagabungandanmenghitungnilairata-ratatessiswasertapersentaseketuntasanbelajarklasikal.HasilpenelitianpadasiklusIsekorreratagabunganmotivasibelajarsiswayaitu289(kategoricukupbaik)danmeningkatpadasiklusIImenjadi322(kategoricukupbaik).PadasiklusIpersentaseketuntasanbelajarsiswa5714%danmeningkatmenjadi7619%padasiklusII.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSTADpadapokokbahasanelastisitasdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswakelasXMM-TKJSMKMuhammadiyah3Nganjuk.PenerapanpembelajaranSTADuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsebaiknyadidukungdenganmanajemenwaktuyangbaikdansuasanakelasyangkondusif.