Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan elastisitas untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MM-TKJ SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk / Sakinatul Muhimmah
Main Author: | Muhimmah, Sakinatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20805/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMuhimmahSakinatul.2016.PenerapanModelPembelajaranSTAD(StudentTeamsAchievmentDivision)PadaPokokBahasanElastisitasuntukMeningkatkanMotivasidanPrestasiBelajarSiswaKelasXMM-TKJSMKMuhammadiyah3Nganjuk.SkripsiJurusanFisikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(II)NurilMunfaridahS.PdM.Pd.KataKuncimodelpembelajaranSTADmotivasiprestasibelajarHasilobservasidiSMKMuhammadiyah3Nganjukmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswatergolongrendah.Rendahnyamotivasibelajarsiswaberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswa.Berdasarkannilaiujiansemesterganjiltahunpelajaran2015/2016diketahuibahwapersentaseketuntasanbelajarFisikakhususnyakelasXMM-TKJmasihrendah.STADadalahsalahsatumodelpembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswayangpadaakhirnyadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.ModelPembelajaranSTADterdiridari5tahapyaitupresentasikelasolehgurukerjatimkuispensekorandanpenghargaan.Tahappresentasikelasmembantusiswamemahamimateripelajaran.Pemahamansiswadiperkuatsaatkerjatim.Kuisdanpenghargaandiakhirpembelajaranmembuatsiswaantusiasmelakukankegiatanbelajardikelas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanamodelpembelajaranSTADdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanjenispenilitiantindakankelas(PTK)yangdilakukanselamaduasiklus.Subjekpenelitianyaitu21siswakelasXMM-TKJSMKMuhammadiyah3Nganjuk.Instrumenpenelitianberupalembarketerlaksanaanpembelajaranangketmotivasibelajardansoaltesfisikamaterielastisitas.DataketerlaksananpembelajaranSTADdiperolehdarihasilobservasiketerlaksanaanpembelajarandatamotivasibelajarsiswadiperolehdaripengisianangketmotivasidandataprestasibelajardiperolehdarinilaitesfisikasetiapakhirsiklus.Analisisdatadalampenelitianinidilakukansecarakualitatifdandidukungdengananalisiskuantitatifdenganmenghitungpersentaseketerlaksanaanpembelajaranjumlahsekormotivasibelajartiapsiswasekorreratagabungandanmenghitungnilairata-ratatessiswasertapersentaseketuntasanbelajarklasikal.HasilpenelitianpadasiklusIsekorreratagabunganmotivasibelajarsiswayaitu289(kategoricukupbaik)danmeningkatpadasiklusIImenjadi322(kategoricukupbaik).PadasiklusIpersentaseketuntasanbelajarsiswa5714%danmeningkatmenjadi7619%padasiklusII.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSTADpadapokokbahasanelastisitasdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswakelasXMM-TKJSMKMuhammadiyah3Nganjuk.PenerapanpembelajaranSTADuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsebaiknyadidukungdenganmanajemenwaktuyangbaikdansuasanakelasyangkondusif.