Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Tri Henny Febrining Wulan

Main Author: Wulan, Tri Henny Febrining
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2080/
Daftar Isi:
  • WulanTriHennyFebrining.2013.PengembanganModelSosiodramauntukMeningkatkanKecerdasanSosialSiswaKelasVIIISMPNegeri13Malang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.EllaFaridatiZenM.Pd.(II)Dr.M.RamliM.A.KataKuncikecerdasansosialsosiodramasiswakelasVIIISMP12288122881228812288Masaremajaadalahmasaperkembangantransisidarimasakanak-kanakkedewasayangmencakupperubahanbiologiskognitifdansosial.UsiasiswaSMPtermasukdalamusiaremaja.Remajasebagaiharapanbangsadanpemimpindimasadepansangatdiharapkandapatmencapaiperkembangansosialsecaramatang.Remajamemerlukanlayananbimbingandankonselinguntukdapatmemahamidanmengelolahubungandenganoranglainmembentukrelasidanmempertahankannyadenganefektif.Salahsatuteknikbimbingandankonselingkhususnyadalamlayananbimbingankelompokadalahtekniksosiodrama.Dalammenerapkantekniksosiodramadiperlukansuatupanduanpelaksanaan.TujuanpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanpanduansosiodramauntukmeningkatkankecerdasansosialsiswakelasVIIISMPNegeri13Malangyangberterimasecarateoretisdanpraktis.12288122881228812288PenelitianinimengadaptasimodelpengembanganBorgdanGall.Langkahyangdigunakanpenelitiadalahtahapperencanaantahappengembanganprodukdantahapujicobaproduk.Desainujicobaprodukmenggunakantigajenisujicobayaituujiahli(ahliBKdanahlidrama)ujicalonpenggunaproduk(konselor)danujicobaprodukterbatas(ujikelompokkecil).SubjekujicobaterdiriatasujiahliisiberasaldarilatarbelakangBKujiahlidramaberasaldarilatarbelakangSastraIndonesiadanujicalonpenggunaprodukmerupakankonselorSMPyangtelahmenempuhpendidikanS1BK.Jenisdatayangdihimpunadalahdatakuantitatifdandatakualitatif.Instrumenpengumpulandataterdiriataspedomanwawancarakuesionerkecerdasansosialdanskalapenilaianproduk.Datadianalisissecarakuantitatifmenggunakanreratadansecarakualitatifdenganmenyimpulkanmasukan-masukanpadasaatujicobaproduk.HasilpengembanganiniadalahpanduansosiodramauntukmeningkatkankecerdasansosialsiswakelasVIIISMPNegeri13Malang.Untukitu1)konselorhendaknyamenggunakanpanduansosiodramauntukmeningkatkankecerdasansosialsiswakelasVIIISMPNegeri13Malangdenganpendekatanpenelitiantindakanbimbingandan2)penelitiselanjutnyahendaknyamengujiefektivitashasilpenelitiandanpengembanganinimelaluipenelitianeksperimen.