Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E (siklus belajar 5E) untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas X MIA SMAN 6 Malang / Sheila Sandiya Putri

Main Author: Putri, Sheila Sandiya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20739/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutriSheilaSandiya.2015.PenerapanModelPembelajaranLearningCylce5E(SiklusBelajar5e)untukMeningkatkanPemahamanKonsepFisikaSiswaKelasXMIASMAN6Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MuhardjitoM.S.(2)Drs.DwiHaryotoM.PdKataKunciPembelajaranFisikaLearningCycle5EPemahamanKonsepPembelajaranfisikamemberikankesempatankepadasiswauntukmengembangkankemampuanpendidikansecarasistematismemahamikonsepdanhubunganantarkonsepberdasarkanfaktadalamkehidupansehari-harisertamampumengkomunikasikansecarailmiahdalampenyajianhasilpembelajarannya.LearningCycle5Emerupakanmodelpembelajaranyangberlandaskanpadateorikonstruktivisme.Tahapan-tahapanyangterdapatpadaLearningCycle5Eterdiridariengagementexplorationexplainationelaborationdanevaluation.Tahapan-tahapantersebutdapatmembuatsiswameningkatkanpemahamankonsepfisikamereka.Tujuanpenelitianiniyaitu(1)MengetahuiketerlaksanaanpenerapanmodelpembelajaranLearningCycle5EdikelasXMIA4SMAN6Malang(2)MengetahuipeningkatanpemahamankonsepsiswadenganpenerapanmodelpembelajaranLearningCycle5E.Jenispenelitianyangdilaksanakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK).PTKmerupakansuatupencermatanterhadapkegiatanbelajarberupasebuahtindakanyangsengajadimunculkandanterjadidalamsebuahkelassecarabersama.Penelitianinidilaksanakansebanyak2siklus.Padatiapsiklusterdiridariempattahapanyaitu(1)perencanaan(2)tindakan(3)pengamatandan(4)refleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXMIA4SMAN6Malangyangberjumlah31siswa.PemahamanKonsepdiukurdenganmenggunakantesobjektif.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditas.Hasilpenelitianadalah1)PenerapanmodelpembelajaranLearningCycle5Eterlaksanasesuaidengantahapan-tahapanpembelajaranpadaRPP.KeterlaksanaanmodelpembelajaranLearningCycle5Eolehgurumasukdalamklasifikasisangatbaikdenganrata-ratapersentaseketerlaksanaanpembelajaran8925%padasiklusIdan9232%padasiklusII2)PemahamankonsepsiswameningkatdarisiklusIdenganrata-ratanilaitespemahamankonsepsiswayaitu7471denganpersentaseketuntasan5161%danpadasiklusIIdiperolehrata-rata8006denganpersentaseketuntasan8710%.