Pengaruh model 5E learning cycle disertai resitasi open ended question terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMAN 1 Malang pada materi suhu dan kalor / Yunida Ekawati

Main Author: Ekawati, Yunida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20716/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEkawatiYunida.2015.PengaruhModel5ELearningCycledisertaiResitasiOpenEndedQuestionterhadapPenguasaaanKonsepFisikaSiswaKelasXSMAN1MalangpadaMateriSuhudanKalor.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SutarmanM.Pd(II)LiaYuliatiDr.M.Pd.KataKunciModel5ELearningCycleResitasiOpenEndedQuestionPenguasaanKonsepFisikaSiswaKeberhasilanpembelajaranfisikadapatdilihatdaripenguasaankonsepyangdimilikiolehsiswa.Salahsatumodelpembelajaranuntukmeningkatkanpenguasaankonsepadalahmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestion.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestionterhadappenguasaankonsepfisikasiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiansemudenganpre-testpost-testcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniadalahkelasXSMAN1Malangtahunajaran2014/2015dengansampelpenelitianiniadalahkelasXMIA4yangmenerapkanmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestiondankelasXMIA6yangmenerapkanmodel5Elearningcycletanparesitasi.Pengambilansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsampling.InstrumenyangdigunakanterdiridariRPPLKSlembarobservasiketerlaksanaanpembelajarantugasopenendedquestiondansoalpenguasaankonsepfisikamaterisuhudankalor.Hipotesispenelitiandiujimenggunakanindependentsamplet-test.Hasilujipost-testdiperolehadaperbedaansignifikanpenguasaankonsepfisikasiswaantarakelasyangyangmenerapkanmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestiondankelasyangmenerapkanmodel5ELearningCycletanparesitasi.Berdasarkanhasilnilairataratatespenguasaankonsepfisikapadamaterisuhudankalorpenguasaankonsepfisikasiswadikelasyangmenerapkanmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestionlebihtinggidibandingkandengankelasyangmenerapkanmodel5ELearningCycletanparesitasi.