Pengaruh model 5E learning cycle disertai resitasi open ended question terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMAN 1 Malang pada materi suhu dan kalor / Yunida Ekawati
Main Author: | Ekawati, Yunida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20716/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKEkawatiYunida.2015.PengaruhModel5ELearningCycledisertaiResitasiOpenEndedQuestionterhadapPenguasaaanKonsepFisikaSiswaKelasXSMAN1MalangpadaMateriSuhudanKalor.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)SutarmanM.Pd(II)LiaYuliatiDr.M.Pd.KataKunciModel5ELearningCycleResitasiOpenEndedQuestionPenguasaanKonsepFisikaSiswaKeberhasilanpembelajaranfisikadapatdilihatdaripenguasaankonsepyangdimilikiolehsiswa.Salahsatumodelpembelajaranuntukmeningkatkanpenguasaankonsepadalahmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestion.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestionterhadappenguasaankonsepfisikasiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiansemudenganpre-testpost-testcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniadalahkelasXSMAN1Malangtahunajaran2014/2015dengansampelpenelitianiniadalahkelasXMIA4yangmenerapkanmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestiondankelasXMIA6yangmenerapkanmodel5Elearningcycletanparesitasi.Pengambilansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsampling.InstrumenyangdigunakanterdiridariRPPLKSlembarobservasiketerlaksanaanpembelajarantugasopenendedquestiondansoalpenguasaankonsepfisikamaterisuhudankalor.Hipotesispenelitiandiujimenggunakanindependentsamplet-test.Hasilujipost-testdiperolehadaperbedaansignifikanpenguasaankonsepfisikasiswaantarakelasyangyangmenerapkanmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestiondankelasyangmenerapkanmodel5ELearningCycletanparesitasi.Berdasarkanhasilnilairataratatespenguasaankonsepfisikapadamaterisuhudankalorpenguasaankonsepfisikasiswadikelasyangmenerapkanmodel5ELearningCycledisertairesitasiopenendedquestionlebihtinggidibandingkandengankelasyangmenerapkanmodel5ELearningCycletanparesitasi.