Eksplorasi dan analisis kondisi perkerasan jalan pada jembatan rangka baja Soekarno-Hatta Malang pada bulan Maret 2015 menggunakan metode Ground Penetrating Radar (GPR) / Rabbiatul Adawiyah

Main Author: Adawiyah, Rabbiatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20712/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAdawiyahRabbiatul.2015.EksplorasidanAnalisisKondisiPerkerasanJalanpadaJembatanRangkaBajaSoekarno-HattaMalangpadaBulanMaret2015MenggunakanMetodeGroundPenetratingRadar(GPR).SkripsiJurusanFisikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DaengAchmadSuaidiS.Si.M.Kom(II)Dr.MarkusDiantoroM.Si.KataKunciperkerasanjalanjembatanrangkametodeGroundPenetratingRadar(GPR)Perkerasanjalanmerupakanbagianutamadaristrukturatasjembatanyangterdiridaribeberapalapisanmaterialyangdipadatkandiatastanahdasaratautumpuandenganmaksudagarlalulintasdapatberjalandenganlancartanpaterhambat.Perkerasanjalanpadajembatanterdiridarilapispermukaanaspaldanlapisperkerasanbetonsebagailantaijembatan.Perkerasanjalanyangbaikmempunyaibeberapakriteriayangharusdicapaisesuaidenganstandarfungsinyasepertikedapterhadapairpermukaantidaklicintidakbergelombangtidakterdapatbagianyangmengalamicacatpermukaandefomasidanretak.PenelitianinibertujuanuntukmengeksplorasidanmenganalisisstrukturlapisanperkerasanjalanpadajembatanrangkabajaSoekarno-HattadenganmetodeGPR.Metodeinidigunakanuntukmendeteksikeadaanbawahpermukaandenganmengirimkanpulsagelombangelektromagnetikmelaluiantennapemancaryangmemilikifrekuensikhusus.Penelitianinijugadigunakanuntukmengetahuijenis-jenismaterialberdasarkankonstantadielektrikyangdimilikisetiapmaterialdanmelihatadanyadefomasiretakcacatpermukaansertarembesanair.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkuantitaif.Datapenelitianmerupakanpaparanvisualberupainterpretasidalambentukgambaryangdiproseskedalamangka.Pengumpulandatadilakukanmenggunakanteknikobservasilapangandanpengambilandatasampelpada101titiklintasan.KegiatananalisisdatadimulaidaritahappengolahanmenggunakanMs.ExcelnotepadpaintsoftwareGeoScan32softwareSurfer9.0tahapidentifikasidanklasifikasitahapinterpretasidatadantahapevaluasidata.Berdasarkanhasileksplorasidananalisiskondisiperkerasanjalandiperolehsimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Strukturperkerasanjalanterdiridariperkerasanlenturaspaldanperkerasankakubetondeganjenismaterialyangteridentifikasiadalahaspalkeringaspalbasahbetonkeringbetonbasahdanudaradipemukaan.DeformasiterjadipadasemualintasanperkerasanjalandanterdapatbeberapatitiksampellintasanyangmengalamiretakdancacatpermukaanberupapelepasanstrukturyangteridentifikasidarihasilscanningradargramGPR.Hasilpenelitianjugamenunjukanadanyapenerobosanairdarilapispermukaan(aspal)bagianbawahhinggadasarlapisanbeton.Titiktertinggitersebarpadalintasanke34-67denganposisibentang33-66meter.HasilanalisisretakpelepasanstrukturdanrembesanairsesuaidenganhasilkajiankondisikesehatanelemenmaterialpenyusunjembatanolehTeknikSipilUBbahwapadabentangke40terjadiperlemahandanpenurunankualitasbetondanaspal.