Eksplorasi dan analisis kondisi perkerasan jalan pada jembatan rangka baja Soekarno-Hatta Malang pada bulan Maret 2015 menggunakan metode Ground Penetrating Radar (GPR) / Rabbiatul Adawiyah
Main Author: | Adawiyah, Rabbiatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20712/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAdawiyahRabbiatul.2015.EksplorasidanAnalisisKondisiPerkerasanJalanpadaJembatanRangkaBajaSoekarno-HattaMalangpadaBulanMaret2015MenggunakanMetodeGroundPenetratingRadar(GPR).SkripsiJurusanFisikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DaengAchmadSuaidiS.Si.M.Kom(II)Dr.MarkusDiantoroM.Si.KataKunciperkerasanjalanjembatanrangkametodeGroundPenetratingRadar(GPR)Perkerasanjalanmerupakanbagianutamadaristrukturatasjembatanyangterdiridaribeberapalapisanmaterialyangdipadatkandiatastanahdasaratautumpuandenganmaksudagarlalulintasdapatberjalandenganlancartanpaterhambat.Perkerasanjalanpadajembatanterdiridarilapispermukaanaspaldanlapisperkerasanbetonsebagailantaijembatan.Perkerasanjalanyangbaikmempunyaibeberapakriteriayangharusdicapaisesuaidenganstandarfungsinyasepertikedapterhadapairpermukaantidaklicintidakbergelombangtidakterdapatbagianyangmengalamicacatpermukaandefomasidanretak.PenelitianinibertujuanuntukmengeksplorasidanmenganalisisstrukturlapisanperkerasanjalanpadajembatanrangkabajaSoekarno-HattadenganmetodeGPR.Metodeinidigunakanuntukmendeteksikeadaanbawahpermukaandenganmengirimkanpulsagelombangelektromagnetikmelaluiantennapemancaryangmemilikifrekuensikhusus.Penelitianinijugadigunakanuntukmengetahuijenis-jenismaterialberdasarkankonstantadielektrikyangdimilikisetiapmaterialdanmelihatadanyadefomasiretakcacatpermukaansertarembesanair.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkuantitaif.Datapenelitianmerupakanpaparanvisualberupainterpretasidalambentukgambaryangdiproseskedalamangka.Pengumpulandatadilakukanmenggunakanteknikobservasilapangandanpengambilandatasampelpada101titiklintasan.KegiatananalisisdatadimulaidaritahappengolahanmenggunakanMs.ExcelnotepadpaintsoftwareGeoScan32softwareSurfer9.0tahapidentifikasidanklasifikasitahapinterpretasidatadantahapevaluasidata.Berdasarkanhasileksplorasidananalisiskondisiperkerasanjalandiperolehsimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Strukturperkerasanjalanterdiridariperkerasanlenturaspaldanperkerasankakubetondeganjenismaterialyangteridentifikasiadalahaspalkeringaspalbasahbetonkeringbetonbasahdanudaradipemukaan.DeformasiterjadipadasemualintasanperkerasanjalandanterdapatbeberapatitiksampellintasanyangmengalamiretakdancacatpermukaanberupapelepasanstrukturyangteridentifikasidarihasilscanningradargramGPR.Hasilpenelitianjugamenunjukanadanyapenerobosanairdarilapispermukaan(aspal)bagianbawahhinggadasarlapisanbeton.Titiktertinggitersebarpadalintasanke34-67denganposisibentang33-66meter.HasilanalisisretakpelepasanstrukturdanrembesanairsesuaidenganhasilkajiankondisikesehatanelemenmaterialpenyusunjembatanolehTeknikSipilUBbahwapadabentangke40terjadiperlemahandanpenurunankualitasbetondanaspal.