Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia swishmax 4 dengan pendekatan saintifik materi kalor SMA kelas X / Debby Kusuma Wardhani

Main Author: Wardhani, Debby Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20708/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKusumaWardhaniDebby.2015.PengembanganMediaPembelajaranFisikaBerbasisMultimediaSwishmax4denganPendekatanSaintifikMateriKalorSMAKelasX.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.WinartoM.Pd(2)Dr.LiaYuliatiM.Pd.KatakuncimultimediapendekatansaintifikkalormediapembelajaranfisikaKurikulum2013denganpendekatansaintifikmendorongsiswauntukaktifdalampembelajaran.Pembelajaranyangaktifdapatdicapaiapabilaprosesbelajarmenyenangkan.Penggunaanmediapembelajaranberbasismultimediamembuatpembelajaranmenjadimenyenangkankarenamultimediadilengkapidenganunsurgambarteksanimasidansuara.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanmediapembelajaranfisikaberbasismultimediaSwishmax4denganpendekatansaintifikpadakelasxSMAsertamengetahuitingkatkelayakanmediapembelajaranfisikaberbasismultimediaSwishmax4denganpendekatansaintifikpadakelasxSMA.MetodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiandanpengembangandariSukmadinata.Penelitimengadopsitigatahappengembanganyaitu(1)StudiPendahuluan(2)PengembanganProdukdan(3)PengujianProduk.Instrumenpengambilandatayangdigunakandalampenelitianiniberupaangketpertanyaantertutupuntukvalidasiahlidanpertanyaanterbukauntukujicobaterbatas.TeknikanalisisyangdigunakanadalahteknikpersentaseuntukmenghitungdatahasilvalidasiahlidanteknikanalisisdatadenganmodelMilesdanHubermanuntukdatadaripertanyaanterbukasertakritikdansaran.Ujicobaprodukyangdilakukanduatahap.UjicobaahliyangterdiridaridosenfisikaUniversitasNegeriMalangdanguruSMAN6MalangsedangkanujicobaterbatasdilakukanpadasiswaSMAN6Malang.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamediapembelajaranfisikaberbasismultimediaSwishmax4denganpendekatansaintifikpadamaterikalorlayakdigunakanuntuksiswaSMAkelasX.Mediapembelajaraninilayakdengannilairata-ratakelayakanmediasebesar8631%danrata-ratakelayakanmaterisebesar8271%.Kelebihandarimediapembelajaraniniadalah1)mediapembelajaraniniadalahmediapembelajaranyangmenyenangkankarenadisusundenganmenggunakanpendekatansaintifiksehinggamembuatsiswaaktifdalampembelajaran2)animasiyangditampilkanadalahanimasiyangmembahasprosesterjadinyasuatuperistiwadananimasiyangmenjelaskanlangkah-langkahdalampercobaansehinggasiswamampumengkonstrukpemahamannya3)Animasigambardanvideoyangdigunakanadalahperistiwayangerathubungannyadengankehidupansehari-harisehinggamaterilebihmudahdipahami.Selainkelebihanmediapembelajaraninimemilikikekuranganantaralain1)mediapembelajaraninidifokuskanuntuksatumateripokokbahasanyaitukalor2)hanyaterbataspadamodelpembelajarantertentudan3)penggunaanmediapembelajaraninimasihmembutuhkanpraktikumyangdilakukansecaralangsung.