Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia swishmax 4 dengan pendekatan saintifik materi kalor SMA kelas X / Debby Kusuma Wardhani
Main Author: | Wardhani, Debby Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20708/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKusumaWardhaniDebby.2015.PengembanganMediaPembelajaranFisikaBerbasisMultimediaSwishmax4denganPendekatanSaintifikMateriKalorSMAKelasX.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.WinartoM.Pd(2)Dr.LiaYuliatiM.Pd.KatakuncimultimediapendekatansaintifikkalormediapembelajaranfisikaKurikulum2013denganpendekatansaintifikmendorongsiswauntukaktifdalampembelajaran.Pembelajaranyangaktifdapatdicapaiapabilaprosesbelajarmenyenangkan.Penggunaanmediapembelajaranberbasismultimediamembuatpembelajaranmenjadimenyenangkankarenamultimediadilengkapidenganunsurgambarteksanimasidansuara.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanmediapembelajaranfisikaberbasismultimediaSwishmax4denganpendekatansaintifikpadakelasxSMAsertamengetahuitingkatkelayakanmediapembelajaranfisikaberbasismultimediaSwishmax4denganpendekatansaintifikpadakelasxSMA.MetodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiandanpengembangandariSukmadinata.Penelitimengadopsitigatahappengembanganyaitu(1)StudiPendahuluan(2)PengembanganProdukdan(3)PengujianProduk.Instrumenpengambilandatayangdigunakandalampenelitianiniberupaangketpertanyaantertutupuntukvalidasiahlidanpertanyaanterbukauntukujicobaterbatas.TeknikanalisisyangdigunakanadalahteknikpersentaseuntukmenghitungdatahasilvalidasiahlidanteknikanalisisdatadenganmodelMilesdanHubermanuntukdatadaripertanyaanterbukasertakritikdansaran.Ujicobaprodukyangdilakukanduatahap.UjicobaahliyangterdiridaridosenfisikaUniversitasNegeriMalangdanguruSMAN6MalangsedangkanujicobaterbatasdilakukanpadasiswaSMAN6Malang.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamediapembelajaranfisikaberbasismultimediaSwishmax4denganpendekatansaintifikpadamaterikalorlayakdigunakanuntuksiswaSMAkelasX.Mediapembelajaraninilayakdengannilairata-ratakelayakanmediasebesar8631%danrata-ratakelayakanmaterisebesar8271%.Kelebihandarimediapembelajaraniniadalah1)mediapembelajaraniniadalahmediapembelajaranyangmenyenangkankarenadisusundenganmenggunakanpendekatansaintifiksehinggamembuatsiswaaktifdalampembelajaran2)animasiyangditampilkanadalahanimasiyangmembahasprosesterjadinyasuatuperistiwadananimasiyangmenjelaskanlangkah-langkahdalampercobaansehinggasiswamampumengkonstrukpemahamannya3)Animasigambardanvideoyangdigunakanadalahperistiwayangerathubungannyadengankehidupansehari-harisehinggamaterilebihmudahdipahami.Selainkelebihanmediapembelajaraninimemilikikekuranganantaralain1)mediapembelajaraninidifokuskanuntuksatumateripokokbahasanyaitukalor2)hanyaterbataspadamodelpembelajarantertentudan3)penggunaanmediapembelajaraninimasihmembutuhkanpraktikumyangdilakukansecaralangsung.