Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan strategi mind mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada materi suhu dan kalor / Rika Damayanti
Main Author: | Damayanti, Rika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20698/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDamayantiRika.2015.PengaruhModelProblemBasedLearning(PBL)denganStrategiMindMappingterhadapPrestasiBelajarSiswaKelasXpadaMateriSuhudanKalor.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ParnoM.Si(II)NurilMunfaridahS.PdM.Pd.KatakunciModelProblemBasedLearningmindmappingprestasibelajarPrestasibelajarmerupakansalahsatuaspekpentingyangperludikembangkandalampembelajarankurikulum2013.Penggunaanmodeldanstrategiyangtepatsesuaidenganmateripembelajaransangatdiperlukan.ModelProblemBasedLearning(PBL)denganstrategimindmappingdapatdigunakandalampembelajaransuhudankaloruntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelProblemBasedLearningdenganstrategimindmappingterhadapprestasibelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanmetodequasyexperimentaldenganrancanganpretest-posttestcontrolgroupdesign.Subyekpenelitianiniberjumlah70siswayangberasaldari35siswakelasXMIA1sebagaikelompokeksperimendan35siswakelasXMIA5sebagaikelompokkontroldiSMAN8Malang.MetodepengumpulandatadenganalatukurtesprestasibelajarFisikayangterdiridari25soalpilihangandapadamaterisuhudankalordokumentasisertaobservasikegiatanpembelajaran.Datadianalisisdenganmenggunakanonetailedt-testdanujieffectsize.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanmodelPBLdenganstrategimindmappingmenghasilkanrata-rataprestasibelajarsiswayanglebihbaikdaripadarata-ratasiswayangdibelajarkandenganmodelkonvensionalpadamaterisuhudankalor.Hasilinididukungdenganhasilperhitunganonetailedt-testmenunjukkanbahwathitung30661997ttabel(680.05).Kemudianhasilperhitunganeffectsizedidapatkannilaidadalahsebesar074sehinggadapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelPBLdenganstrategimindmappingmemilikipengaruhyangbesarterhadapprestasibelajarsiswa.PenelitianlainperludilakukanuntukmengkajipengaruhmodelPBLdenganstrategimindmappingpadavariabellainmisalnyakemampuanpemecahanmasalahberpikirkritisdanmotivasibelajarsiswa.