Pengembangan instrumen tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi karakteristik konsepsi fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Anita Puspita Handayani
Main Author: | Handayani, Anita Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20679/ |
Daftar Isi:
- HandayaniAnitaPuspita.2014.PengembanganInstrumenTesPilihanGandaDistraktorBermaknauntukMengidentifikasiKarakteristikKonsepsiFisikaSiswaKelasXISMANegeri2Malang.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuhardjitoM.S(II)Drs.SumarjonoM.PdKataKunciInstrumentespilihangandadistraktorbermaknakonsepsigetaran12288122881228812288Dalampembelajaranfisikaseringkaliterjadikesalahandalammemahamikonsepyangbiasanyadisebutmiskonsepsi.BerdasarkanhasilwawancarasiswakelasXISMANegeri2Malangdiketahuibahwa6667%siswamengutarakanmaterigetarandalamfisikasulitdipahami.Penelitianinibertujuan(1)mengembangkanprodukinstrumentespilihangandadistraktorbermaknauntukmengidentifikasikarakteristikkonsepsifisikasiswakelasXISMANegeri2Malangpadamaterigetaranserta(2)mendeskripsikankelayakaninstrumentersebut.12288122881228812288ModelpengembanganyangdigunakanpadapenelitianinimengadaptasimodelResearchandDevelopment(RD)dariBorgdanGallyangtelahdimodifikasiolehSukmadinata.Namundalampenelitianinihanyadilakukanhinggaujicobalapanganawal.Tahap-tahapdalampenelitianinimeliputi(1)studipendahuluan(2)perencanaandrafinstrumen(3)pengembangandrafinstrumen(4)ujicobaterbatasdan(5)revisiprodukhasilpengembangan.Instrumenyangdigunakanuntukpengumpulandatayaituangketinstrumenwawancaratesuraiansertatespilihangandadistraktorbermakna.SubjekujicobamerupakansiswakelasXI-A2dankelasXI-B2SMANegeri2Malang.Analisisdatameliputianalisisperhitunganrata-ratauntukdatahasilpenilaianangketvalidasiolehtimahlianalisisbutirsoaldanidentifikasikarakteristikkonsepsisiswauntukdatahasilujicobaterbatas.12288122881228812288Produkyangdihasilkanberupainstrumentespilihangandadistraktorbermakna.Distraktordikatakanbermaknakarenadisusunberdasarkandeskripsilevel-levelyangberasaldarijawabansiswatesuraian.Setiapindikatordikembangkanmenjaditigabutirsoalyangsetara.Berdasarkanpenilaiandaritimahlidiketahuibahwainstrumenyangdikembangkantelahlayakmeliputiranahmaterikonstruksidanbahasa.Setelahprodukdiujicobakandilakukananalisisbutirsoaldananalisiskarakteristikkonsepsisiswa.Analisisbutirsoalmeliputivaliditasbutirsoalreliabilitastingkatkesukarandayapembedadankualitaspengecoh.Berdasarkananalisiskarakteristikkonsepsiprodukyangdihasilkantelahdapatmembedakansiswayangmemahamikonsepmengalamimiskonsepsidantidakmemahamikonsep.Selainituprodukmampumengidentifikasimiskonsepsiyangdialamisiswasehinggadapatmemberikanumpanbalikpadasiswauntukmemperbaikicarabelajar.Manfaatselanjutnyaadalahmemudahkangurumemilihindikator-indikatoryangperluditekankandalammemberipembelajaranremidiasi.Sarandalampenelitianiniadalahsubyekujicobaterbatastespilihangandadistraktorbermaknadilakukanpadabanyakresponden.