Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis masalah menggunakan swishmax 4 pada pokok bahasan elastisitas untuk siswa SMA / Christina Natalia Puspita
Main Author: | Puspita, Christina Natalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20670/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPuspitaChritinaNatalia.2014.PengembanganMediaPembelajaranBerbantuanKomputerBerbasisMasalahMenggunakanSwishmax4padaPokokBahasanElastisitasuntukSiswaSMA.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)WidjiantoDrs.M.Kom(II)DwiHaryotoDrs.M.PdKataKunciMediaPembelajaranBerbantuanKomputerBerbasisMasalahElastisitasMediapembelajaranyangmenarikdapatmemotivasisiswadalambelajar.Bukuteksdirasakurangleluasauntukmenjelaskanbentukdanpergerakanfenomenafisikaterdapatgambarhitamputihpadabukuteks.Pembelajaranyangmenyangkutkanhal-haldisekitarnyaataupermasalahanyangadadikehidupkansehari-haridapatmembuatmaterilebihmudahdimengertidanlebihmenyenangkan.MetodeyangdigunakanuntukpenelitianiniadalahmetodeResearchandDevelopment(RD)yangdikemukakanolehBorgdanGall.Dalammelaksana-kanpengembanganhanyamelakukan5langkahawal.ProdukpengembangandalampenelitianiniberupamediapembelajaranberbantuankomputeryangisinyadisesuaikandengankarakterisitikberbasismasalahpadapokokbahasanelastisitasuntuksiswaSMAyangdikemasdalamcompactdisk.Produkinidapatdigunakanuntukbelajarmandirisiswaataupundigunakanuntukpembelajarandidalamke-las.Hasilpenilaianangketvalidasidariaspekmaterikemudianaspekmediaolehdosendanguruberturut-turutmemperolehpersentaseskorsebesar857%864%danrespondenujicobamendapatkanpersentaseskorsebesar88%.SehinggaprodukdapatdigunakansebagaisalahsatualternatifmediapembelajarandalampembelajaranFisika.