penerapan model pembelajaran cooperative script berbasis discovery learning untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X-1 MA Al-Maarif Singosari / Aprillya Mondhita Sari
Main Author: | Sari, Aprillya Mondhita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20669/ |
Daftar Isi:
- SariAprillyaMondhita.2014.PenerapanModelPembelajaranCooperativeScriptberbasisDiscoveryLearninguntukMeningkatkanMinatBelajardanPemahamanKonsepFisikaSiswaKelasX-1MAAL-MAARIFSingosari.SkripsiProgramPendidikanFisikaJurusanFisikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PurboSuwasonoM.Si(II)Dr.ParnoM.SiKataKunciModelCooperativeScriptDiscoveryLearningminatbelajarpemahamankonsep12288122881228812288BerdasarkanobservasikemampuanminatbelajardanpemahamankonsepfisikasiswakelasX-1MAALMAARIFSingosaricukuprendahdanperluditingkatkan.BerdasarkanhasilwawancaradengangurufisikaMAALMAARIFSingosaridiketahuibahwarata-ratanilaiteshariansiswakelasX-1untukpelajaranfisikaadalah6441.NilaitersebutmasihdibawahSKM(StandarKetuntasanMinimum)yangditentukanyaitu75.Presentasesiswayanglulusuntukujianpertamasebanyak2444%yangsemestinyamasihbisaditingkatkanlagi.SalahsatuupayauntukmemecahkanpermasalahantersebutditerapkansuatupembelajarandenganmodelCooperativeScriptberbasisDiscoveryLearning.PelaksanaanpembelajarandenganmodelpembelajaranCooperativeScriptberbasisDiscoveryLearninginimenuntunsiswauntukdapatmenemukankesimpulansendiridanide-idepokoksuatumaterisertamembandingkanidepokoktersebutdenganidetemannya.12288122881228812288JenispenelitianadalahTindakanKelas.PenelitianberlangsungdalamduasikluspadakelasX-1MAALMAARIFSingosariyangberjumlah45siswa.Teknikpengumpulandatadilakukandengancatatanlapanganlembarobservasidantes.Analisisdatadalampenelitianinibersifatkualitatif(berupakata-kataataukalimat)dankuantitatif(berupaangka).12288122881228812288ProsespelaksanaanmodelpembelajaranCooperativeScriptberbasisDiscoveryLearningmembutuhkantigatahapanyaitutahapawaltahapintidantahapakhir.Padatahapawalgurumengaitkanmateriyangakandiajarkandengankehidupansehari-hariselanjutnyagurumembagisiswakedalamkelompokuntukmelakukanpraktikum.tahapintigurumemintasiswauntukberkelompokberpasangan.Siswamembacamateridarigurudanmemahamiisiteksyangkemudiansiswameringkaside-idepokokdarimateridanmeyampaikankepadapasangannya.Padatahapakhirsiswadangurumembuatkesimpulanpelajaran.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanketerlaksanaanpembelajarandarisiklusIsebesar9395%menjadi9851%padasiklusIIuntukgurudanuntuksiswaterjadipeningkatandarisiklusI8924%menjadi9653%padasiklusII.MinatbelajarsiswamengalamipeningkatanyaitupadasiklusIsebesar7352danmeningkatpadasiklusIImenjadi8287.PemahamankonsepfisikasiswamengalamipeningkatanpadasiklusIrata-ratapemahamankonsepsebesar7218danpadasiklusIInaikmenjadi7789.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajaranCooperativeScriptberbasisDiscoveryLearningdapatmeningkatkankemampuanminatbelajarsiswadanpemahamankonsepfisikasiswakelasX-1MAALMAARIFSingosari.