Pengembangan modul fisika materi fluida statis dengan model POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan digital untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA kelas X / Krista Yohana

Main Author: Yohana, Krista
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20642/
Daftar Isi:
  • PengembanganModulFisikaMateriFluidaStatisdenganModelPOE(Predict-Observe-Explain)BerbantuanDigitaluntukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaSMAKelasX.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)KadimMasjkur(II)WidjiantoKatakunciModulFislikaPOEMotivasiBelajar.12288122881228812288TersedianyabukuFisikakurikulum2013khususnyadiMalangsangatlahkurangsehinggaguruFisikamenggunakanbukuFisikayangtelahdisusunolehTimMGMPuntukmenunjangpembelajaran.Bukuinikurangdapatmemberikanmotivasibelajarsecaramaksimalkepadasiswadanmempengaruhihasilbelajarsiswa.Darianalisisbukuinitidakadakegiatanpraktikumtidakbewarnaperumusandiperolehdenganpenjelasansingkattidakadanyapengamatanaudio-visualdanjugaadabeberapakonsepmaterifluidastatisyangkuarangtepat.DaripersoalanyangadapenelitiperlumelakukanpengembanganbahanajarberupamodulyangdisusundenganmodelPOE.12288122881228812288MetodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahResearchandDevelopment(RD)yangdimodifikasiSukmadinata2009.Metodepenelitianiniadalahstudipendahuluanpengembanganprodukdanujicobaproduk.PengembanganprodukdilakukanpenelitiuntukmembuatmodulFisikadanpanduangurusertahasilujikevalidanolehvalidator.SedangkanUjicobaprodukinidilakukanpada23siswakelasXSMAN1Sumberpucung.12288122881228812288Hasilanalisisvalidasikontendankonstrukbahwahasilpengembanganpadapenelitianinilayakuntukdigunakan.Dariujicobaterbatasdiketahuibahwamoduldananimasidapatdigunakandenganbaikolehsemuasiswa.Modulinidikembangkanuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.SetelahmenggunakanmodulinimotivasibelajarsiswakelasXSMAmengalamipeningkatan.Halinidibuktikandaribanyaknyasiswayangmemilikimotivasibelajaryangbaikmeningkatsebesar609%.Kelebihanbahanajariniadalah(1)modulyangdikembangkandenganmodelPOEyangmencangkup3aspekyaitupredictobservedanexplain(2)modulinidapatmembantusiswadalammenenemukankonsepFisikapadamateriFluidaStatis(3)Tersedianyavideodananimasisebagaipenunjangpembelajaran.Sedangkankekuranganbahanajariniadalahdiperlukanmediaberupakomputeruntukmenunjangpembelajaran.