Pengembangan media layanan informasi bullying berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP / Herfilia Wijayanti
Main Author: | Wijayanti, Herfilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2063/ |
Daftar Isi:
- WijayantiHeffilia.2013.PengembanganMediaLayananInformasiBullyingBerbasisMultimediaInteraktifuntukSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BlasiusBoliLasanM.Pd(II)IreneMayaSimonS.PdM.Pd.KatakuncilayananinformasibullyingmultimediainteraktifDewasainisebagianbesarsiswaSMPmengungkapkanamarahnyadenganmengritiksiswalainmemukulmencubitataupunmenghinasiswalain.Halinimerupakanwujuddariperilakubullying.Olehkarenaitutugaskonseloryaitumemberikaninformasipadasiswaagarsiswaterhindardaripraktikbullying.Namunkenyataannyakonselorkurangbervariasidalampenggunaanmediauntukmenyampaikaninformasisehinggasiswacenderungbosandankurangmemperhatikanmateriyangdisampaikanolehkonselor.Berdasarkanhaltersebutpenyampaianinformasitidakakanberjalandenganbaikkarenakonselorbelummemilikimedialainyangefektifdigunakandalampemberianinformasitentangbullying.Adapunmediayangdapatdigunakandalampemberianinformasitentangbullyingyaitumediaberbasismultimediainteraktif.PenelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanmedialayananinformasitentangbullyingberbasismultimediainteraktifbagisiswaSMPyangberterimasecarateoritisdanpraktis.MetodeyangdigunakandalampenelitianpengembanganinidiadaptasidarimodelpengembanganBorgandGall(1983)yangterdiridari(1)perencanaanmeliputipenilaiankebutuhananalisiskebutuhandanpenetapanprioritaskebutuhansiswa(2)pengembanganprodukawalmeliputipenyusunantujuanbimbingandanprototypeproduk(3)ujicobaprodukdenganahlimateridanahlimediamerevisimengujikepadacalonpenggunaprodukdanujikelompokkecilkemudianmerevisiproduktersebutsehinggadihasilkanprodukyangsesuaidengantujuanpengembangan.Penelitiandanpengembanganinimenggunakaninstrumenpenelitianberupaangketdanpedomanwawancara.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentase.Sedangkansubjekujicobaterdiridariujiahlimateridanahlimediasertacalonpenggunaprodukyaitukonselordankelompokkecilyaitusiswasebanyakenamorang.Jenisdatayangdihimpunadalahdatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifdiperolehdariskalaangkapenilaianyangdiberikanpadaparaahlicalonpenggunadankelompokkecil.Sedangkandatakualitatifdidasarkanpadakritikdansaranyangdiberikanmelaluilembarpenilaian.Hasilpenilaiandariparaahlimenunjukkanbahwamedialayananinformasitentangbullyingberbasismultimediainteraktiftelahmemenuhikriteriakegunaanketepatankemudahandankemenarikan.Berdasarkananalisisujiahlimateriujiahlimediaujicalonpenggunaproduk(konselor)danujikelompokkecil(siswa)didapatkanhasilsangatbergunasangattepatsangatmudahdansangatmenariknamunadabeberapahalyangperludirevisilagi.MultimediainteraktiftentangbullyinginiakanlayakdigunakansebagaisalahsatumediabimbingandisekolahkhususnyabagisiswaSMPN13Malangsetelahdilakukannyaeksperimenterlebihdahulu.