Pengembangan media layanan informasi bullying berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP / Herfilia Wijayanti

Main Author: Wijayanti, Herfilia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2063/
Daftar Isi:
  • WijayantiHeffilia.2013.PengembanganMediaLayananInformasiBullyingBerbasisMultimediaInteraktifuntukSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BlasiusBoliLasanM.Pd(II)IreneMayaSimonS.PdM.Pd.KatakuncilayananinformasibullyingmultimediainteraktifDewasainisebagianbesarsiswaSMPmengungkapkanamarahnyadenganmengritiksiswalainmemukulmencubitataupunmenghinasiswalain.Halinimerupakanwujuddariperilakubullying.Olehkarenaitutugaskonseloryaitumemberikaninformasipadasiswaagarsiswaterhindardaripraktikbullying.Namunkenyataannyakonselorkurangbervariasidalampenggunaanmediauntukmenyampaikaninformasisehinggasiswacenderungbosandankurangmemperhatikanmateriyangdisampaikanolehkonselor.Berdasarkanhaltersebutpenyampaianinformasitidakakanberjalandenganbaikkarenakonselorbelummemilikimedialainyangefektifdigunakandalampemberianinformasitentangbullying.Adapunmediayangdapatdigunakandalampemberianinformasitentangbullyingyaitumediaberbasismultimediainteraktif.PenelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanmedialayananinformasitentangbullyingberbasismultimediainteraktifbagisiswaSMPyangberterimasecarateoritisdanpraktis.MetodeyangdigunakandalampenelitianpengembanganinidiadaptasidarimodelpengembanganBorgandGall(1983)yangterdiridari(1)perencanaanmeliputipenilaiankebutuhananalisiskebutuhandanpenetapanprioritaskebutuhansiswa(2)pengembanganprodukawalmeliputipenyusunantujuanbimbingandanprototypeproduk(3)ujicobaprodukdenganahlimateridanahlimediamerevisimengujikepadacalonpenggunaprodukdanujikelompokkecilkemudianmerevisiproduktersebutsehinggadihasilkanprodukyangsesuaidengantujuanpengembangan.Penelitiandanpengembanganinimenggunakaninstrumenpenelitianberupaangketdanpedomanwawancara.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisispersentase.Sedangkansubjekujicobaterdiridariujiahlimateridanahlimediasertacalonpenggunaprodukyaitukonselordankelompokkecilyaitusiswasebanyakenamorang.Jenisdatayangdihimpunadalahdatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifdiperolehdariskalaangkapenilaianyangdiberikanpadaparaahlicalonpenggunadankelompokkecil.Sedangkandatakualitatifdidasarkanpadakritikdansaranyangdiberikanmelaluilembarpenilaian.Hasilpenilaiandariparaahlimenunjukkanbahwamedialayananinformasitentangbullyingberbasismultimediainteraktiftelahmemenuhikriteriakegunaanketepatankemudahandankemenarikan.Berdasarkananalisisujiahlimateriujiahlimediaujicalonpenggunaproduk(konselor)danujikelompokkecil(siswa)didapatkanhasilsangatbergunasangattepatsangatmudahdansangatmenariknamunadabeberapahalyangperludirevisilagi.MultimediainteraktiftentangbullyinginiakanlayakdigunakansebagaisalahsatumediabimbingandisekolahkhususnyabagisiswaSMPN13Malangsetelahdilakukannyaeksperimenterlebihdahulu.