Pengembangan media pembelajaran fisika pokok bahasan alat-alat optik berorientasi multiple intelligences bilingual berbantuan komputer untuk siswa SMA kelas X / Triyas Kusumawardhani
Main Author: | Kusumawardhani, Triyas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20601/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipengembanganmediaalatoptikmultipleintelligencesbilingualPerkembanganteknologidalamduniapendidikandapatdilihatdaripenggunaanmediapembelajaranberbantuankomputerdalamkegiatanbelajaryangdalamsatukelasterdapatberbagaisiswadengankecerdasanyangberbeda.Kecerdasansiswayangbermacam-macamdanpenggunaanmediapembelajaranmemungkinkandibuatnyasebuahmediapembelajaranberorientasiMultipleIntelligencesbilingualberbantuankomputeruntukmembantuprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranfisikayangberorientasiMultipleIntelligencesbilingualberbantuankomputeryangdapatdigunakanolehgurudansiswadalamprosespembelajaranfisikaSMAKelasXpokokbahasanalat-alatoptik.Pokokbahasanalat-alatoptikiniterdiridarimaterimatakameralupmikroskopdanteleskop.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchandDevelopment).Pengembanganprodukmediapembelajaraninimenggunakandesainyangmerupakanmodifikasidarilangkah-langkahpenelitianyangdikemukakanolehBorgGallyangterdiridaristudipendahuluanpengembanganprodukdanpengujian.SoftwareyangdigunakanuntukmengembangkanprodukmediapembelajaraniniadalahSwishMax2006.Penelitianinihanyasampaitahapujicobaterbatas.Pengambilandataujicobaterbatasmediapembelajarandilakukandenganmenggunakaninstrumentberupaangketkepadaahlimediaahlimateriahlibahasadanaudiens(siswaSMAKelasXdiSMANegeri5Malang).Analisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikpresentase.Darihasilanalisisdataujicobaterbatasdiketahuitingkatkevalidanmediapembelajaranyangdikembangkanmenurutahlimediasebesar872%yangberartimediabaikmenurutahlimateri884%yangberartimediabaikmenurutahlibahasa912%yangberartimediabaik.DariujiketerbacaanpadasiswakelasXSMAN5Malangdiperoleh894%yangberartimediabaik.Mediapembelajaranyangdikembangkansudahmemenuhikriteriavaliddansecarakeseluruhandinyatakanbaiksertadapatdigunakandalampembelajaran.8195