Pengembangan media pembelajaran fisika pokok bahasan alat-alat optik berorientasi multiple intelligences bilingual berbantuan komputer untuk siswa SMA kelas X / Triyas Kusumawardhani

Main Author: Kusumawardhani, Triyas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20601/
Daftar Isi:
  • KatakuncipengembanganmediaalatoptikmultipleintelligencesbilingualPerkembanganteknologidalamduniapendidikandapatdilihatdaripenggunaanmediapembelajaranberbantuankomputerdalamkegiatanbelajaryangdalamsatukelasterdapatberbagaisiswadengankecerdasanyangberbeda.Kecerdasansiswayangbermacam-macamdanpenggunaanmediapembelajaranmemungkinkandibuatnyasebuahmediapembelajaranberorientasiMultipleIntelligencesbilingualberbantuankomputeruntukmembantuprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranfisikayangberorientasiMultipleIntelligencesbilingualberbantuankomputeryangdapatdigunakanolehgurudansiswadalamprosespembelajaranfisikaSMAKelasXpokokbahasanalat-alatoptik.Pokokbahasanalat-alatoptikiniterdiridarimaterimatakameralupmikroskopdanteleskop.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchandDevelopment).Pengembanganprodukmediapembelajaraninimenggunakandesainyangmerupakanmodifikasidarilangkah-langkahpenelitianyangdikemukakanolehBorgGallyangterdiridaristudipendahuluanpengembanganprodukdanpengujian.SoftwareyangdigunakanuntukmengembangkanprodukmediapembelajaraniniadalahSwishMax2006.Penelitianinihanyasampaitahapujicobaterbatas.Pengambilandataujicobaterbatasmediapembelajarandilakukandenganmenggunakaninstrumentberupaangketkepadaahlimediaahlimateriahlibahasadanaudiens(siswaSMAKelasXdiSMANegeri5Malang).Analisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikpresentase.Darihasilanalisisdataujicobaterbatasdiketahuitingkatkevalidanmediapembelajaranyangdikembangkanmenurutahlimediasebesar872%yangberartimediabaikmenurutahlimateri884%yangberartimediabaikmenurutahlibahasa912%yangberartimediabaik.DariujiketerbacaanpadasiswakelasXSMAN5Malangdiperoleh894%yangberartimediabaik.Mediapembelajaranyangdikembangkansudahmemenuhikriteriavaliddansecarakeseluruhandinyatakanbaiksertadapatdigunakandalampembelajaran.8195