Pengembangan modul pelatihan motivasi berprestasi bagi siswa SMP Brawijaya Smart School Malang / Titik Kurniawati
Main Author: | Kurniawati, Titik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2059/ |
Daftar Isi:
- KuniawatiTitik.2013.PengembanganModulPelatihanMotivasiBerprestasibagiSiswaSMPBrawijayaSmartSchoolMalang.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuslihatiS.AgM.Pd.(II)Dr.NurHidayahM.Pd.Katakuncimodulpelatihanmotivasiberprestasiexperientiallearning.12288122881228812288PenelitianinibertujuanmengembangkanmodulpelatihanmotivasiberprestasibagisiswaSMPBrawijayaSmartSchoolMalang.Penelitiandilakukanberdasarkanpadapendapatbahwamotivasiberprestasimemilikiperanpentingdalamkesuksesanbelajar.Motivasiberprestasimerupakandorongandalamdiriseseoranguntukmencapaiprestasiataukesuksesansetinggimungkindemimemberikanpenghargaanpadadirinyasendiridanmendapatkankepuasandalamdirisendiridarihasilyangsudahdicapainya.Selamainikonselormembantusiswauntukmenumbuhkembangkanmotivasiberprestasimelaluimetodeceramahtanpadifasilitasidenganmediayangmemadai.Olehkarenaitudiperlukanmediamembantusiswamenumbuhkembangkanmotivasiberprestasinya.ModulpelatihaninidikembangkanmenggunakanpendekatanExperientialLearning.ExperientialLearningadalahsuatupendekatanpembelajaranberbasispadapengalamanpembelajar.Kelebihandarimodulpelatihaniniadalahsiswadapatmempelajaridanmengerjakanmodulpelatihansecaramandiriapabilakonselorberhalanganhadir.12288122881228812288ModulpelatihaninidikembangkanmelaluiprosedurpenelitianpengembanganyangdiadaptasidarimodelpengembanganBorgGall(1983).Prosedurpengembanganyangditerapkandalampenelitianiniadalah1)perencanaan2)mengembangkanproduk3)melaksanakanujiahlidan4)revisiproduk.122881228812288Produkyangdihasilkanadalah1)ModulPelatihanMotivasiBerprestasibagisiswaSMPBrawijayaSmartSchoolMalangdan2)ModulPelatihanMotivasiBerprestasibagiKonselorSMPBrawijayaSmartSchoolMalang.Setelahmelaluiujiahliujicalonpenggunaprodukdanujikelompokkecilmakadiperolehgambaranbahwamodulpelatihaninimemilikikriteriakelayakankebergunaandankemenarikan.1228812288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitiandanpengembanganinidapatdisarankannkepadakonselordanpenelitiselanjutnyayaitu1)bagikonselordiSMPBrawijayaSmartSchoolMalangmodulpelatihaninidapatmembantukonselordalamusahameningkatkanmotivasiberprestasisiswadalamlayananbimbingandankonselingbelajardan2)bagipenelitiselanjutnyapenelitiandanpengembanganinidapatdilanjutkandenganpenelitiantindakanbimbingandankonseling(PTBK)sertapenelitianeksperimenyangdapatmengetahuikeefektifanmodulpelatihaniniuntukmembantusiswameningkatkanmotivasiberprestasi.