Pengaruh strategi pembelajaran problem based learning dipadu dengan jigsaw terhadap metakognitif dan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Pandaan pokok bahasan kalor / Lucky Limarta
Main Author: | Limarta, Lucky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20562/ |
Daftar Isi:
- KataKunciProblemBasedLearningJigsawmetakognitifprestasibelajarSalahsatukecakapanhidupyangharusdikuasaisiswaSMAadalahkemampuanberpikirtingkattinggi.Untukmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggitersebutdiperlukankemampuanberpikirbagaimanaberpikirataudisebutjugametakognitif.Metakognitifmemegangperananpentingdalampeningkatanhasilbelajarsiswaterutamapadapelajaransainstermasukfisika.Rendahnyametakognitifdapatmenyebabkansiswatidakdapatbelajarsecaramandirikarenakesulitandalammemahamicarabelajarnya.PermasalahantersebutdapatdiatasidenganmenerapkanstrategipembelajaranProblemBasedLearning(PBL)yangdipadukandenganJigsaw.StrategiPBLberpotensimeningkatkanmetakognitifsiswa.SelainituJigsawdapatmeningkatkanaktivitassiswasehinggadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.DengandemikiandiharapkanperpaduanantaraPBLdanJigsawmampumengembangkankemampuanbelajarsiswaterutamadalamaspekkemampuanmetakognitifdanprestasibelajar.Tujuanpenelitianiniadalah1)MengetahuipengaruhstrategiPBLdipadudenganJigsawterhadapkesadaranmetakognitifsiswakelasXSMAN1Pandaan2)MengetahuipengaruhstrategiPBLdipadudenganJigsawterhadapketerampilanmetakognitifsiswakelasXSMAN1Pandaandan3)MengetahuipengaruhstrategiPBLdipadudenganJigsawterhadapprestasibelajarsiswakelasXSMAN1Pandaan.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganPretest-PostestNonequivalentControlGroupDesign.Variabelbebasadalahstrategipembelajaran(PBL-Jigsaw).Variabelterikatadalahkesadaranmetakognitifketerampilanmetakognitifdanprestasibelajar.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMAN1Pandaan.SampelpenelitianadalahsiswakelasX-HsebagaikelaskontroldanX-Isebagaikelasperlakuandiambilmenggunakanteknikrandomsampling.KemampuanmetakognitifdiukurmenggunakanMAI(metacognitiveawarenessinventory)danrubrikmetakognitif.Prestasibelajardiukurdenganmenggunakantesessay.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.Datadiambilpadasaatpretesdanpostes.Ujihipotesismenggunakananakovadengantarafsignifikansi005(p005).Sebelumujianakovadilakukanujinormalitasdatadenganujikormogolov-smirnovujihomogenitasdatadenganlevenetesdanujilinearitasdatadengantabelanova.Hasilpenelitianmenunjukkan1)Strategipembelajaranberpengaruhpositifterhadapkesadaranmetakognitifdan2)Strategipembelajaranberpengaruhpositifterhadapketerampilanmetakognitifdan3)Strategipembelajaranberpengaruhpositifterhadapprestasibelajar.