Pengmbangan media pembelajaran fisika berbasis multi media dengan menggunakan swishmax pada materi optika fisis untuk siswa SMA / Titah Putri Firdausi

Main Author: Firdausi, Titah Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20558/
Daftar Isi:
  • KataKuncimediapembelajaranoptikafisisswishmaxOptikaFisisadalahsalahsatumateripadafisikayangbersifatabstrak.Dengandemikiandiperlukansuatumediapembelajaranyangdapatmenggambarkannyasecarajelasdannyata/konkret.MediapembelajaranyangtepatdigunakandalampembelajaranOptikaFisisadalahmediapembelajaranberbentukanimasi.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranFisikaberbasismultimediatentangOptikaFisisdanmendeskripsikankelayakannya.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandanpengembangansesuaiyangdikemukakanBorgdanGallhinggatahapkelima.Langkah-langkahpenelitianmeliputitahappendahuluanperencanaanpengembanganprodukawalujilapanganawaldanrevisi.Kelayakanmediapembelajaranberbasismultimediaditunjukkanolehukuranvaliditasyangdiberikanolehduakelompokahlimateridanahlimedia.Kegiatanvalidasidilaksanakanolehvalidatoryangberasaldaripihakdosendangurusebagaiahlimediadanmateri.Pengumpulandatadilakukandenganmemberikanangketkepadaahlimateridanahlimedia.Jenisdatapenelitianmeliputidatakuantitatifberupapenilaianvalidatoryangdianalisisdenganmenggunakanteknikpersentaseuntukmengetahuikelayakan(kevalidan)produkdandatakualitatifberupasarandankritikyangdiberikanolehvalidator.Hasilanalisisdatadenganteknikpersentasedarimasing-masingsubjekcobaadalah833%menurutahlimediadan846%menurutahlimateri.Darihasilanalisisdatatersebutmenunjukkanbahwamediapembelajaranberbasismultimediapadamaterioptikafisismemilikidesaindanmateriyangditampilkanpadakategorilayak(valid)dansecarakeseluruhandinyatakanbaiksertadapatdigunakandalampembelajaran.