Pengmbangan media pembelajaran fisika berbasis multi media dengan menggunakan swishmax pada materi optika fisis untuk siswa SMA / Titah Putri Firdausi
Main Author: | Firdausi, Titah Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20558/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimediapembelajaranoptikafisisswishmaxOptikaFisisadalahsalahsatumateripadafisikayangbersifatabstrak.Dengandemikiandiperlukansuatumediapembelajaranyangdapatmenggambarkannyasecarajelasdannyata/konkret.MediapembelajaranyangtepatdigunakandalampembelajaranOptikaFisisadalahmediapembelajaranberbentukanimasi.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranFisikaberbasismultimediatentangOptikaFisisdanmendeskripsikankelayakannya.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandanpengembangansesuaiyangdikemukakanBorgdanGallhinggatahapkelima.Langkah-langkahpenelitianmeliputitahappendahuluanperencanaanpengembanganprodukawalujilapanganawaldanrevisi.Kelayakanmediapembelajaranberbasismultimediaditunjukkanolehukuranvaliditasyangdiberikanolehduakelompokahlimateridanahlimedia.Kegiatanvalidasidilaksanakanolehvalidatoryangberasaldaripihakdosendangurusebagaiahlimediadanmateri.Pengumpulandatadilakukandenganmemberikanangketkepadaahlimateridanahlimedia.Jenisdatapenelitianmeliputidatakuantitatifberupapenilaianvalidatoryangdianalisisdenganmenggunakanteknikpersentaseuntukmengetahuikelayakan(kevalidan)produkdandatakualitatifberupasarandankritikyangdiberikanolehvalidator.Hasilanalisisdatadenganteknikpersentasedarimasing-masingsubjekcobaadalah833%menurutahlimediadan846%menurutahlimateri.Darihasilanalisisdatatersebutmenunjukkanbahwamediapembelajaranberbasismultimediapadamaterioptikafisismemilikidesaindanmateriyangditampilkanpadakategorilayak(valid)dansecarakeseluruhandinyatakanbaiksertadapatdigunakandalampembelajaran.