Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar dan kemampuan Higher Order Thingking (HOT) siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Malang / Aldina Rifka Widianingrum
Main Author: | Widianingrum, Aldina Rifka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20549/ |
Daftar Isi:
- KatakunciproblembasedinstructionhasilbelajarkemampuanHOTPembelajaranfisikasebaiknyamelibatkansiswadalampenyelidikanyangberorientasiinkuiridenganinteraksiantarasiswadengangurudansiswade-ngansiswalainnya.Pembelajaranfisikayangberpusatpadasiswadanmene-kankanpentingnyabelajaraktifberartimengubahpersepsibahwaguruyangselalumemberikaninformasidanmenjadisumberpengetahuanbagisiswase-hinggadapatmempengaruhihasilbelajarsiswa.Pembelajaranfisikasebaiknyadilakukansecarainkuiriuntukmenumbuhkankemampuanberpikir.SalahsatuketrampilanberpikiryaitukemampuanHighOrderThinking(HOT).ModelpembelajaranyangdigunakandalampenelitianiniadalahProblemBasedIn-struction(PBI).Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengujiadatidaknyaper-bedaanhasilbelajarFisikasiswakelasVIIISMPNegeri16MalangmelaluipembelajaranPBIdanpembelajarankonvensional(2)mengujiadatidaknyaperbedaankemampuanHOTFisikasiswakelasVIIISMPNegeri16MalangmelaluipembelajaranPBIdanpembelajarankonvensional.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(QuasiExperi-ment).PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeri16Malang.Diantara8kelasyangadadilakukanpengambilansampelsecaraacak.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIAsebagaikelaseksperimenyangdiberikanperlakuanpembelajaranPBIdansiswakelasVIIIBsebagaikelaskontrolyangdiberikanperlakuanpembelajarankonvensional.Datahasilbelajardanke-mampuanHOTsiswadianalisisstatistikdenganmenggunakanteknikonesam-plet-test.Berdasarkanhasilpenelitian(1)hasilbelajarfisikasiswayangdibelajar-kandenganmenggunakanmodelPBIlebihtinggidaripadasiswayangdibela-jarkandenganmodelkonvensional.Perbedaanhasilbelajarsiswaditunjukkandarihasiluji-tdatayangmenunjukkanSig.2-tailed0000