Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar dan kemampuan Higher Order Thingking (HOT) siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Malang / Aldina Rifka Widianingrum

Main Author: Widianingrum, Aldina Rifka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20549/
Daftar Isi:
  • KatakunciproblembasedinstructionhasilbelajarkemampuanHOTPembelajaranfisikasebaiknyamelibatkansiswadalampenyelidikanyangberorientasiinkuiridenganinteraksiantarasiswadengangurudansiswade-ngansiswalainnya.Pembelajaranfisikayangberpusatpadasiswadanmene-kankanpentingnyabelajaraktifberartimengubahpersepsibahwaguruyangselalumemberikaninformasidanmenjadisumberpengetahuanbagisiswase-hinggadapatmempengaruhihasilbelajarsiswa.Pembelajaranfisikasebaiknyadilakukansecarainkuiriuntukmenumbuhkankemampuanberpikir.SalahsatuketrampilanberpikiryaitukemampuanHighOrderThinking(HOT).ModelpembelajaranyangdigunakandalampenelitianiniadalahProblemBasedIn-struction(PBI).Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengujiadatidaknyaper-bedaanhasilbelajarFisikasiswakelasVIIISMPNegeri16MalangmelaluipembelajaranPBIdanpembelajarankonvensional(2)mengujiadatidaknyaperbedaankemampuanHOTFisikasiswakelasVIIISMPNegeri16MalangmelaluipembelajaranPBIdanpembelajarankonvensional.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(QuasiExperi-ment).PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeri16Malang.Diantara8kelasyangadadilakukanpengambilansampelsecaraacak.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIAsebagaikelaseksperimenyangdiberikanperlakuanpembelajaranPBIdansiswakelasVIIIBsebagaikelaskontrolyangdiberikanperlakuanpembelajarankonvensional.Datahasilbelajardanke-mampuanHOTsiswadianalisisstatistikdenganmenggunakanteknikonesam-plet-test.Berdasarkanhasilpenelitian(1)hasilbelajarfisikasiswayangdibelajar-kandenganmenggunakanmodelPBIlebihtinggidaripadasiswayangdibela-jarkandenganmodelkonvensional.Perbedaanhasilbelajarsiswaditunjukkandarihasiluji-tdatayangmenunjukkanSig.2-tailed0000