Penerapan model pembelajaran REACT berbantuan Mind Map untuk meningkatkan social skills dan penguasaan konsep fisika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ngantang / Rinta Mustikasari

Main Author: Mustikasari, Rinta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20527/
Daftar Isi:
  • KatakunciREACTmindmapsocialskillspenguasaankonsepfisika.PenelitianinimenerapkanREACTberbantumindmappadapembelajaranfisika.Pembelajarandilaksanakanpadapokokbahasancahayadanalatoptik.Alasandilakukanpenelitianiniadalahrendahnyanilairata-ratakelasVIII-BdiSMPNegeri1Ngantangyaitusebesar63.35yangterindikasirendahnyapenguasaankonsepterhadapfisika.Berdasarkanhasilwawancaradengangurupadasaatkegiatantanyajawabmerekacenderungdiamdantidakberanimenjawabpertanyaanyangdiajukanolehgurunya.Padakegiatanlaboratoriumdandiskusihampirjarangdilakukankarenaketerbatasanwaktudantempatsehinggasiswakurangterbiasabekerjasamadalamkelompok.Halinimenyebabkansocialskillssiswamasihrendah.Tujuandaripenelitianiniadalah1)mengetahuiketerlaksanaanmodelpembelajaranREACTberbantuanmindmapdikelasVIII-B2)mengetahuipeningkatansocialskillssiswakelasVIII-BdenganmenggunakanmodelpembelajaranREACTberbantuanmindmapdan3)mengetahuipeningkatanpenguasaankonsepfisikasiswakelasVIII-BdenganmenggunakanmodelpembelajaranREACTberbantuanmindmap.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.PTKinidilaksanakandalamduasiklussetiapsiklusterdiridariperencanaanpenelitianpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianadalahseluruhsiswakelasVIII-Bsemestergenaptahunajaran2011-2012SMPNegeri1Ngantangyangberjumlah32orang.PenelitiandilaksanakanpadabulanMaretsampaiMei2012.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasikegiatangurucatatanlapanganlembarobservasisocialskillsdantespenguasaankonsepfisika.KeterlaksanaanpenerapanREACTberbantumindmapdicatatdalamlembarobservasikegiatangurudancatatanlapangandanpenilaiansocialskillsdicatatdalamlembarobservasisocialskillssedangkanpenguasaankonsepfisikadiperolehdariteshasilbelajardiakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)keterlaksanaanmodelpembelajaranREACTberbantuanmindmapmengalamipeningktandarisiklusIsebesar71.8%kesiklusIIsebesar89.2%2)peningkatansocialskillssiswasecaraklasikalyaitu43.31(siklusI)menjadi56.10(siklusII)3)Padapenguasaankonsepfisikamenunjukkanpeningkatandari67.09(siklusI)menjadi74.13(siklusII)peningkatanjugaterlihatpadajumlahsiswayangmemenuhiKKM70sebesar40.62%(siklusI)menjadi66.94(siklusII).BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranREACTberbantumindmapdapatmeningkatkanpenguasaankonsepfisikadansocialskillssiswakelasVIII-BSMP1Ngantang.