Efektivitas teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Viky Setiyawati

Main Author: Setiyawati, Viky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2052/
Daftar Isi:
  • SetiyawatiViky.2013.EfektivitasTeknikSosiodramauntukMengurangiPerilakuBullyingpadaSiswaSekolahMenengahPertama(SMP).SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BlasiusBoliLasanM.Pd.(II)Drs.LutfiFauzanM.Pd.KatakuncisosiodramaperilakubullyingbullyingPenelitianinidilatarbelakangiolehbanyaknyafenomenabullyingyangterjadidilingkungansekolah.Halinidikarenakanadanyasalahmelihatseolah-olahbullyinghanyalahsalahsatudarikenakalanbiasayangumumdilakukanolehsiswa.Kenakalanyanglazimdilakukanolehanak-anaksepertimengejekataumengucilkandapatmemberikandampakyangbesarberupapsikologis.Pihaksekolahjugakurangtanggapdantidakpekaterhadaptindakanbullyinginisehinggakasusbullyingmarakterjadilingkungansekolahkhususnyasekolahmenengahpertama(SMP).Selainituselamainipenelitianyangsudahadasebelumnyahanyamenanganikorbandaritindakanbullyingsedangkanpelakunyabelumditanganisecaratepat.Matarantaibullyingtidakakanputusjikahanyakorbanyangditanganisedangkanpelakunyadibiarkan.Olehkarenaituuntukmengatasiperilakubullyingyangdilakukanpelakudiperlukansuatuusahalainyangdipandangtepat.Usahatersebutadalahpenggunaantekniksosiodrama.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifansosiodramauntukmengurangiperilakubullyingsiswaSMP.RancanganpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemuOneGroupPretestPosttestDesign.Perlakuan(treatment)padakelompokeksperimenadalahtekniksosiodrama.Penelitimelakukanpengukuranberulangsebelumdansesudahperlakuanuntukmelihatkonsistensikondisisubjekpenelitian.Subjekpenelitianiniadalah8orangsiswakelasVIISMPNegeri5Malangyangmemilikiskorperilakubullyingtinggiyangseringmelakukanperilakubullying.Pretestdanposttestberupaobservasiataupengamatanyangmasing-masingdilaksanakanselamaenamkalidalamwaktuenamhari.Pemberiantreatmentberupabermainperansosiodramadilakukansebanyaklimakali.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahujistatistiknon-parametrikujibedatworelatedsampletestWilcoxon.BerdasarkanhasilanalisisdenganmenggunakanujibedatworelatedsampletestWilcoxondiperolehnilaisebesarZ-2524adannilaiAsymp.Sig.(2-tailed)sebesar0012denganderajatsignifikansi