Penerapan pembelajaran Problem Based Instruction dengan teknik Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Talun Blitar / Ani Nur'aini

Main Author: Nur'aini, Ani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20516/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranProblemBasedInstruction(PBI)TwoStayTwoStray(TSTS)KemampuankomunikasiprestasibelajarSalahsatutujuanmatapelajaranIPAjenjangSMP/MTsadalahmelakukaninkuiriilmiahuntukmenumbuhkankemampuanberkomunikasi.DarihasilobservasiawaldiSMPNegeri1TalunBlitarkemampuankomunikasisiswakurangmaksimal.Haliniditandaidengankurangnyakemampuansiswauntukmengungkapkanpendapatmembacahasilpengamatandanmenyimpulkanpembelajaran.Hasilulanganhariansiswamenunjukkannilairata-ratakelasmasihrendah.Halinimenandaiprestasibelajarsiswajugamasihrendah.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuankomunikasidanprestasibelajarsiswamelaluipembelajaranProblemBasedInstruction(PBI)denganteknikTwoStayTwoStray(TSTS).DatayangdikumpulkanadalahpelaksanaanpembelajaranPBIdenganteknikTSTSdankemampuankomunikasiyangdiukurmenggunakaninstrumenlembarobservasisertaprestasibelajardiukurdengantes.Selainitudidukungdenganinstrumenlainsepertiwawancaradokumentasidancatatanlapangan.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK).MelaluiPTKinidilaksanakanpembelajaranPBIdenganteknikTSTS.DengantahapanPBIyangdipadudenganteknikTSTSsiswadapatmengembangkankemampuankomunikasidalamkegiatanpembelajaran.Halinipentingmengingattidaksemuasiswadapatmengembangkankemampuankomunikasiyangmerupakanaspekdarikecakapanhidup.Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidengangurumerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama2siklus.HasilpenelitianmenunjukanbahwaterjadipeningkatankemampuankomunikasidanprestasisiswakelasVIIICSMPNegeri1TalunBlitardarisiklus1kesiklus2.YaituditunjukkandaripeningkatanpelaksanaanPembelajaranPBIdenganteknikTSTSyakni718%padasiklus1meningkatmenjadi856%padasiklus2.Kemampuankomunikasirata-ratasiswameningkatdari582%padasiklus1menjadi802%padasiklus2.Prestasibelajarsiswajugamengalamipeningkatandilihatdarinilairata-rataujiansiswayangmeningkatdari724padasiklus1denganketuntasan667%menjadi8225denganketuntasanbelajar875%padasiklus2.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaranPBIdenganteknikTSTSdapatmeningkatkankemampuankomunikasidanprestasibelajarsiswakelasVIIICSMPNegeri1TalunKabupatenBlitar.