Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual pada materi wujud zat dan perubahannya untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII / Julia Ulfiyah
Main Author: | Ulfiyah, Julia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20502/ |
Daftar Isi:
- KataKuncibahanajarkontekstualwujudzatdanperubahannya.Dalammengajarkanmatapelajaranfisikadiharapkandapatmemotivasisiswadanmenciptakansuasanayangmenyenangkanagarsiswatidakjenuhsehinggasiswadapatmenerimapelajarandenganbaik.Prosespembelajarandengankondisiyangmenyenangkandansantaiakanmembantusiswamenyerapmateripelajarandenganbaik.Pembahasanmengenaimateripelajarantidakbisaterlepasdariyangnamanyabahanajar.Salahsatuperangkatpembelajaranyangpentinguntukmenunjangkesuksesanbelajarsiswabaikdisekolahmaupundiluarsekolahadalahbahanajar.Bahanajaryangdigunakandalamprosespembelajaranhendaknyadisusunsedemikianrupasehinggabahanajartersebuttidakhanyamemberikanmaterisecarainstantetapimampumenggiringsiswakepadakemampuanuntukmengertikonsepyangdipelajariyangpadaakhirnyamenjadikanbelajarsiswamenjadibermakna.Berdasarkanuraiantersebutmakadikembangkanbahanajarfisikaberbasiskontekstualpadamateriwujudzatdanperubahannya.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarfisikaberbasiskontekstualpadamateriwujudzatdanperubahannyauntuksiswasekolahmenengahpertama(SMP)kelasVIIagarmempermudahsiswadalammempelajarikonsepwujudzatdanperubahnnya.Penelitianinijugabertujuanuntukmendeskripsikankelayakanprodukyangdihasilkan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangandenganlangkah-langkahmeliputitahappenelitiandanpengumpulandataperencanaanpengembanganprodukujicobalapanganawaldanrevisiproduk.Penelitianinimenggunakanteknikvalidasiisiyangdilakukanolehvalidatoryangberasaldaripihakdosendangurusebagaiahlisertadilakukanujicobaawalterhadapsiswa.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangketyangdisertairubrik.JenisdatapenelitianmeliputidatakuantitatifberupapenilaianvalidatorberdasarkanSkalaLikertdandatakualitatifberdasarkankomentardansarandarivalidator.Produkakhirpenelitianiniadalahbahanajarfisikaberbasiskontekstualpadamateruwujudzatdanperubahannya.Berdasarkanhasilanalisisdataprodukakhiryangdihasilkansudahmemenuhikriterialayakdansudahdirevisipadabeberapabagianberdasarkankomentardansarandarivalidator.Produkakhiryangdihasilkanmemilikikarakteristikyangberbedadaribahanajaryanglaindiantaranyasetiapawalmateridiawalipembahasanyangmemotivasibelajarsiswadanpertanyaan-pertanyaansederhanasetiappembahasandiperjelasdengangambarpembahasannyasederhanadanmudahdimengertisiswaterdapatjelajahinternetdanpetakonsepsertadesainisilebihmenarikdanfullcolour.