Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual pada materi wujud zat dan perubahannya untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII / Julia Ulfiyah

Main Author: Ulfiyah, Julia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20502/
Daftar Isi:
  • KataKuncibahanajarkontekstualwujudzatdanperubahannya.Dalammengajarkanmatapelajaranfisikadiharapkandapatmemotivasisiswadanmenciptakansuasanayangmenyenangkanagarsiswatidakjenuhsehinggasiswadapatmenerimapelajarandenganbaik.Prosespembelajarandengankondisiyangmenyenangkandansantaiakanmembantusiswamenyerapmateripelajarandenganbaik.Pembahasanmengenaimateripelajarantidakbisaterlepasdariyangnamanyabahanajar.Salahsatuperangkatpembelajaranyangpentinguntukmenunjangkesuksesanbelajarsiswabaikdisekolahmaupundiluarsekolahadalahbahanajar.Bahanajaryangdigunakandalamprosespembelajaranhendaknyadisusunsedemikianrupasehinggabahanajartersebuttidakhanyamemberikanmaterisecarainstantetapimampumenggiringsiswakepadakemampuanuntukmengertikonsepyangdipelajariyangpadaakhirnyamenjadikanbelajarsiswamenjadibermakna.Berdasarkanuraiantersebutmakadikembangkanbahanajarfisikaberbasiskontekstualpadamateriwujudzatdanperubahannya.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarfisikaberbasiskontekstualpadamateriwujudzatdanperubahannyauntuksiswasekolahmenengahpertama(SMP)kelasVIIagarmempermudahsiswadalammempelajarikonsepwujudzatdanperubahnnya.Penelitianinijugabertujuanuntukmendeskripsikankelayakanprodukyangdihasilkan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangandenganlangkah-langkahmeliputitahappenelitiandanpengumpulandataperencanaanpengembanganprodukujicobalapanganawaldanrevisiproduk.Penelitianinimenggunakanteknikvalidasiisiyangdilakukanolehvalidatoryangberasaldaripihakdosendangurusebagaiahlisertadilakukanujicobaawalterhadapsiswa.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangketyangdisertairubrik.JenisdatapenelitianmeliputidatakuantitatifberupapenilaianvalidatorberdasarkanSkalaLikertdandatakualitatifberdasarkankomentardansarandarivalidator.Produkakhirpenelitianiniadalahbahanajarfisikaberbasiskontekstualpadamateruwujudzatdanperubahannya.Berdasarkanhasilanalisisdataprodukakhiryangdihasilkansudahmemenuhikriterialayakdansudahdirevisipadabeberapabagianberdasarkankomentardansarandarivalidator.Produkakhiryangdihasilkanmemilikikarakteristikyangberbedadaribahanajaryanglaindiantaranyasetiapawalmateridiawalipembahasanyangmemotivasibelajarsiswadanpertanyaan-pertanyaansederhanasetiappembahasandiperjelasdengangambarpembahasannyasederhanadanmudahdimengertisiswaterdapatjelajahinternetdanpetakonsepsertadesainisilebihmenarikdanfullcolour.