Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada materi teori kinetik gas di SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2011/2012 / Lita Estriana
Main Author: | Estriana, Lita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20485/ |
Daftar Isi:
- KatakunciProblemBasedLearning(PBL)TeamAssistedIndividualization(TAI)PrestasiHasilobservasipelaksanaanpembelajarandiSMAN1Kepanjenyaitu(1)guruyangmengajarmateriteorikinetikgastidakpernahmenggunakanpraktikumatauanimasisedangkandilabolatoriumterdapatalatpraktikumyangbelumpernahdicobasamasekaliolehgurutersebut(2)siswacenderungdiamselamaprosespembelajaranberlangsunghaliniterlihatsaatgurumenyarankankepadasiswauntukberdiskusimerekacenderungmenghindardanlebihsukaberdiamdiriataubahkanbermain-maindengantemansebangkunyasertamasihmaluuntukbertanya(3)siswanampaktidaksemangatdalambelajarkarenaadabeberapasiswayangtidakmembawabukupelajaranfisikadanjugatidakmengerjakanPRyangdiberikanolehguru.Olehkarenaituperluadanyapenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadenganmelibatkansiswasecaraaktif.ModelpembelajarannyaadalahPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)disertaiTeamAssistedIndividualization(TAI).PenerapaniniterdiridarisepuluhtahapanyaitupendahuluanplacementtestteamorientasisiswakepadamasalahmengorganisasisiswauntukbelajarteamstudyteamscoreandteamrecognitizionmenganalisisdanmengevaluasiprosespemecahanmasalahfasttestpenutupTujuanpenelitianadalahmengetahuiprosesketerlaksanaanpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)disertaidenganTeamAssistedIndividualization(TAI)dalampembelajaranfisikapadakelasXIIPA2SMAN1KepanjendanuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasXIIPA2.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPA2SMAN1Kepanjensemestergenaptahunajaran2011/2012berjumlah32siswa.Jenispenelititanyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelProblemBasedLearning(PBL)disertaiTeamAssistedIndividualization(TAI)dapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Haltersebutdapatdilihatdenganadanyaketuntasanprestasiklasikalposttes8907%danujianakhirsiklus94%.