Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada materi teori kinetik gas di SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Pelajaran 2011/2012 / Lita Estriana

Main Author: Estriana, Lita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20485/
Daftar Isi:
  • KatakunciProblemBasedLearning(PBL)TeamAssistedIndividualization(TAI)PrestasiHasilobservasipelaksanaanpembelajarandiSMAN1Kepanjenyaitu(1)guruyangmengajarmateriteorikinetikgastidakpernahmenggunakanpraktikumatauanimasisedangkandilabolatoriumterdapatalatpraktikumyangbelumpernahdicobasamasekaliolehgurutersebut(2)siswacenderungdiamselamaprosespembelajaranberlangsunghaliniterlihatsaatgurumenyarankankepadasiswauntukberdiskusimerekacenderungmenghindardanlebihsukaberdiamdiriataubahkanbermain-maindengantemansebangkunyasertamasihmaluuntukbertanya(3)siswanampaktidaksemangatdalambelajarkarenaadabeberapasiswayangtidakmembawabukupelajaranfisikadanjugatidakmengerjakanPRyangdiberikanolehguru.Olehkarenaituperluadanyapenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadenganmelibatkansiswasecaraaktif.ModelpembelajarannyaadalahPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)disertaiTeamAssistedIndividualization(TAI).PenerapaniniterdiridarisepuluhtahapanyaitupendahuluanplacementtestteamorientasisiswakepadamasalahmengorganisasisiswauntukbelajarteamstudyteamscoreandteamrecognitizionmenganalisisdanmengevaluasiprosespemecahanmasalahfasttestpenutupTujuanpenelitianadalahmengetahuiprosesketerlaksanaanpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)disertaidenganTeamAssistedIndividualization(TAI)dalampembelajaranfisikapadakelasXIIPA2SMAN1KepanjendanuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasXIIPA2.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPA2SMAN1Kepanjensemestergenaptahunajaran2011/2012berjumlah32siswa.Jenispenelititanyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelProblemBasedLearning(PBL)disertaiTeamAssistedIndividualization(TAI)dapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Haltersebutdapatdilihatdenganadanyaketuntasanprestasiklasikalposttes8907%danujianakhirsiklus94%.