Pengembangan paket bimbingan manajemen konflik bagi siswa SMP kelas VIII / Ratna Dwi Lestari

Main Author: Lestari, Ratna Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2048/
Daftar Isi:
  • LestariRatnaDwi.2013.PengembanganPaketBimbinganManajemenKonflikbagiSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.WidadaM.Si.(II)Dr.NurHidayahM.Pd.KataKuncipaketbimbinganmanajemenkonfliksiswaSMP12288122881228812288SiswaSMPadalahindividuyangberkembangdanmengalamiperubahanbaikemositubuhminatdanpolaperilaku.PadamasainisiswaSMPbelumbisamengelolakonfliksecaraefektifdanmemilihbersikapagresif.Padahalkonflikadalahhalyangtidakbisadihindarikehadirannya.Keterampilanmanajemenkonflikkonstruktifharusdilatihkankepadasiswaagardampakyangdiperolehataskonflikyangdialamibersifatpositifbagisemuapihakyangterlibat.BerdasarkanhasilwawancaradengankonselordiSMPNegeri2MojosariternyatamasihbanyaksekalisiswakelasVIIIyangmengelolakonfliksecaradestruktif.Selamainibelumadamediaberupapaketbimbinganyangdikembangkanuntukmembantumeningkatkanketerampilanmanajemenkonfliksiswa.OlehkarenaituperludikembangkanpaketbimbinganmanajemenkonflikbagisiswakelasVIIISMP.12288122881228812288TujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanPaketBimbinganManajemenKonflikbagiSiswaSMPKelasVIIIyangberterimasecarateoritisdanpraktisdariaspekkegunaanketepatankemudahandankemenarikan.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandanpengembangan(researchanddevelopment)denganmengadaptasimodelBorgandGall(1983).Adapunprosedurpengembanganyangdilakukanadalahsebagaiberikut1)tahapIperencanaanmenentukanpotensidanmasalahpenelitanmelakukankajianpustakadanneedassesment2)tahapIIpengembanganprodukmenyusuntujuanumumdantujuankhususmenyusunprototypedanmendesainproduk3)tahapIIIujicobaprodukujiahli(ujiahlimateribimbingandankonselingdanujiahlirancanganproduk)revisiprodukberdasarkanhasilpenilaianujiahliujicalonpenggunaproduk(konselor)revisiberdasarkanhasilpenilaianujipenggunaprodukujicobaprodukterbatas(ujikelompokkecil)revisiberdasarkanhasilujicobakelompokkecilhasilprodukakhirberupaPaketBimbinganManajemenKonflikbagiSiswaSMPKelasVIII.12288122881228812288Produkyangdihasilkanberupaduabukuyaitupaketbimbinganuntuksiswadanbukupanduanuntukkonselor.DidalampaketbimbinganiniterdapatempattopikyaituMengenalKonflikLebihDekatSrategiManajemenKonflikMariKitaBernegosiasidanPemecahanMasalahdenganStrategiKolaborasi.Setiaptopikdilaksanakandenganalokasiwaktu2x40menit.Prosedurbimbingandisesuaikandengantahapanyangadadalamstrategipembelajaranterstruktur.12288122881228812288BerdasarkanhasilanalisisdatakuantitatifdankualitatifdariparaahlicalonpenggunaprodukdankelompokkecildapatdisimpulkanbahwaPaketBimbinganManajemenKonflikbagisiswaSMPberterimasecarateoritisdanpraktisdariaspekkegunaanketepatankemudahandankemenarikan.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadakonselorkelasVIIIsebagaicalonpenggunaprodukagarmemahamidanmempelajaripaketbimbinganmanajemenkonfliksebelummengaplikasikannyakepadasiswa.Bagisiswa.hendaknyasesantiasaberperanaktifdalamsetiapprosedurkegiatanbimbinganyangdilaksanakan.Bagipenelitiselanjutnyaprodukhasilpenelitiandanpengembanganinidapatdilanjutkandenganpenelitianeksperimenuntukmengetahuikeefektifanpaketbimbinganmanajemenkonflikdalammembantumeningkatkanketerampilanmanajemenkonfliksiswa.