Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI) berbasis eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-A MAN Rejotangan Tulungagung / Ahmad Asrori Nahrun
Main Author: | Nahrun, Ahmad Asrori |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20476/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranKooperatifTAIAktivitasPrestasiBelajarBerdasarkanhasilobservasiawaldiMANRejotangankelasX-Apenelitimenemukanbeberapahalberkaitandenganpembelajarandiantaranya1)sebelumkegiatanpembelajarandimulaisiswaterlihatkurangsiap2)gurujarangmemanfaat-kanalat-alatpraktikumyangadaataupunmediakonstektual3)beberapasiswaterli-hattidakfokus4)Siswajarangbertanyatentangmateripelajarankarenamerekaku-rangtertarikdenganpembelajaran5)Siswakurangbekerjasamadantidakbertang-gungjawabterhadaptugasnya6)nilairata-ratatessiswaterlihatmasihrendahyaitusebesar5530denganpersentaseketuntasansebesar185%.Halitumenunjukkanbah-waaktifitaskooperatifdanprestasibelajarfisikasiswamasihrendahsehinggaperludilakukantindakanuntukmemperbaikihalini.Berdasarkanpermasalahantersebutditerapkanmodelpembelajaranyangdapatmembuatsiswaaktifselamaprosespembe-lajarandansalingmembantuuntukmemprolehpemahaman.PembelajarantersebutadalahmodelpembelajarankooperatifTAIyangbertujuanuntukmeningkatkanaktivi-tasdanprestasibelajarfasikasiswa.ModelpembelajarankooperatifTAIdalampene-litianinimeliputitahapplacementtestandteamteachinggroupstudentcreativeteamstudywholeclassunitfacttestteamscoreandteamrecognition.LokasipenelitianinidiKab.Tulungagungdengansubjekpenelitiansiswake-lasX-AMANRejotangan.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelasyangber-langsungdalamduasiklus.PadasiklusIsubpokokbahasanyangdiberikanadalahkuatarustegangandanhambatansertacarapengukurannya.UntukmemperbaikikekuranganpadasiklusIpemberiantindakandilan-jutkanpadasiklusIIdengansubpokokbahasanhambatanjenishukumIdanIIkirchoff.Teknikpengumpulandataaktivitasguruselamapembelajaranberlangsungmelalui1)observasidenganmenggunakanlembarketerlaksanaanprosespembelajaran2)aktivitasbelajarsiswamelaluiobservasidenganmenggunakanlembarobser-vasiaktivitaskooperatifsiswa3)dataprestasibelajardiperolehdarites.Datatersebutdianalisisdenganperhitunganrata-ratadanpersentaseyangkemudiandiartikansecaradeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasgurumengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Aktivitassiswajugamengalamipeningkatan.PerolehanpersentasepencapaianaktivitassiswasecaraklasikalpadasiklusI8933%dengantarafbaikpadasiklusIImeningkatmenjadi9511%dengantarafbaik.Prestasibelajarsiswameningkatdaridataawalsebesar5530menjadi7652padasiklusIdan7711padasiklusII.Siswayangtuntasbelajarjugamengalamipeningkatan.Dataawalmenunjukkansiswayangtuntasbelajarsebanyak5anakpadasiklusIsebanyak18anakdanpadasiklusIImeningkatmenjadi24anak.Halinisesuaidenganhipotesisyangdiajukanpadapenelitianini.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatifTAIdapatmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarfisikasiswakelasX-AMANRejotanganTulungagung.