Peningkatan hasil belajar fisika dengan model pembelajaran REACT pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang / Lutwiyani

Main Author: Lutwiyani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20464/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajaranmodelREACThasilbelajarfisikaHasilbelajarkognitiffisikasiswakelasXIIPASMANegeri1Banturadalah5907denganketuntasan444%.Selamaobservasiterlihatsiswakurangberperanaktifdalamkegiatanbelajarsiswamasihenganuntukmenuliskanjawabanataumengerjakansoaldipapantulishalinimenunjukkanafektifsiswamasihkurang.SelamapembelajarandikelasXIbelumdiadakanpraktikumsehinggahasilbelajarranahpsikomotorsiswamasihbelumteramati.Modelpembelajaranyangsesuaiuntukpenyampaianmaterifisikaadalahmodelpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifdalampenemuankonsepmateriyangdipelajari.SalahsatumodelpembelajaranyangmemenuhikriteriatersebutadalahREACTyangterdiridari5tahapanyaiturelatingexperiencingapplyingcooperatingdantransferring.BerdasarkanhasilobservasitersebutmakadilakukanpenelitiantindakanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswayangmencakuptigaranahyaknikognitifafektifdanpsikomotordenganmenggunakanmodelpembelajaranREACT.PenelitiantindakankelaspadapenelitaninimenggunakanmodelKemmisMctaggart.Instrumenpenilaianyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasiuntukmengukurketerlaksanaanpembelajaranlembarpenilaianafektifsertalembarpenilaianpsikomotor.Hasilbelajarranahkognitifsiswadiukurdenganmenggunakaninstrumenpenilaianberupatestertulis.Penelitiantindakankelasinidinyatakanberhasiljikamemenuhikriteriakeberhasilanyangditetapkanyaitupersentaseketuntasanhasilbelajarsiswauntuksetiapranahadalah75%darijumlahsiswayangmengikutipembelajaranmendapatkannilaidiatasKKMyakni75.HasilyangdidapatkandaripelaksanaanpenelitiantindakankelasiniadalahSiswadapatmengkaitkanantarafenomenayangadadialamdengankonsepfisikasiswaberusahaaktifdalamdiskusikelompokdandiskusikelaspadatahaptransferingdancooperatingsiswadapatmelakukanpraktikumuntukmemahamikonsepfisikamenganalisissertamenyampaikanhasildiskusikelompokdidepankelas.KetuntasanhasilbelajarkognitifsiswameningkatpadasiklusIadalah86.20%danpadasiklusIImencapai93.10%.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranREACTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.