Peningkatan hasil belajar fisika dengan model pembelajaran REACT pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang / Lutwiyani
Main Author: | Lutwiyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20464/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajaranmodelREACThasilbelajarfisikaHasilbelajarkognitiffisikasiswakelasXIIPASMANegeri1Banturadalah5907denganketuntasan444%.Selamaobservasiterlihatsiswakurangberperanaktifdalamkegiatanbelajarsiswamasihenganuntukmenuliskanjawabanataumengerjakansoaldipapantulishalinimenunjukkanafektifsiswamasihkurang.SelamapembelajarandikelasXIbelumdiadakanpraktikumsehinggahasilbelajarranahpsikomotorsiswamasihbelumteramati.Modelpembelajaranyangsesuaiuntukpenyampaianmaterifisikaadalahmodelpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifdalampenemuankonsepmateriyangdipelajari.SalahsatumodelpembelajaranyangmemenuhikriteriatersebutadalahREACTyangterdiridari5tahapanyaiturelatingexperiencingapplyingcooperatingdantransferring.BerdasarkanhasilobservasitersebutmakadilakukanpenelitiantindakanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswayangmencakuptigaranahyaknikognitifafektifdanpsikomotordenganmenggunakanmodelpembelajaranREACT.PenelitiantindakankelaspadapenelitaninimenggunakanmodelKemmisMctaggart.Instrumenpenilaianyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasiuntukmengukurketerlaksanaanpembelajaranlembarpenilaianafektifsertalembarpenilaianpsikomotor.Hasilbelajarranahkognitifsiswadiukurdenganmenggunakaninstrumenpenilaianberupatestertulis.Penelitiantindakankelasinidinyatakanberhasiljikamemenuhikriteriakeberhasilanyangditetapkanyaitupersentaseketuntasanhasilbelajarsiswauntuksetiapranahadalah75%darijumlahsiswayangmengikutipembelajaranmendapatkannilaidiatasKKMyakni75.HasilyangdidapatkandaripelaksanaanpenelitiantindakankelasiniadalahSiswadapatmengkaitkanantarafenomenayangadadialamdengankonsepfisikasiswaberusahaaktifdalamdiskusikelompokdandiskusikelaspadatahaptransferingdancooperatingsiswadapatmelakukanpraktikumuntukmemahamikonsepfisikamenganalisissertamenyampaikanhasildiskusikelompokdidepankelas.KetuntasanhasilbelajarkognitifsiswameningkatpadasiklusIadalah86.20%danpadasiklusIImencapai93.10%.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranREACTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.