Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Darusalam Baureno Bojonegoro pada mata pelajaran fisika / Nurul Afia Zuhairini

Main Author: Zuhairini, Nurul Afia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20450/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)motivasihasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandiSMPDarussalamBaurenoBojonegoroditemukanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswapadapelajaranfisikamasihrendah.Motivasibelajarrendahditandaidengansaatprosespembelajaranberlangsungbeberapasiswatampakkurangmemperhatikandanributsendiriterutamasiswayangdudukdibelakang.Ketikadiberikantugasadayangmengerjakanmengerjakantetapibelumselesaidanadayangtidakmengerjakan.Hasilbelajaryangrendahditunjukkandengannilairata-rataujiantengahsemestergasalsiswa.Nilai-nilaitersebutadalahsebesar5482untukkelasVIIA5438untukkelasVIIBdan5838untukkelasVIIC.Olehkarenaituperludilakukanperbaikanterhadappembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaranbarudenganharapandapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarfisikasiswa.SalahsatuusahayangdapatdilakukanadalahmencobakanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimen.Rancanganpenelitiannyaadalaheksperimensemudandesainpenelitianyangdigunakanadalahposttestonlycontrolgroupdesign.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIISMPDarussalamBaurenoBojonegoroyangterdiridaritigakelassebagaipopulasipenelitiansedangkansampelnyaadalahkelasVIIBsebagaikelaseksperimendanVIIAsebagaikelaspembanding.Setiapkelasyangmenjadisubjekpenelitianterdiridari39siswa.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanberupaRPPdaninstrumenpengukuranberupalembarangketmotivasidaninstrumentes.Berdasarkanhasilanalisisterhadapmotivasibelajardenganujitdiperolehnilait4.39yanglebihbesardari1050448105162310516041051605105160810516151.693sehinggaH1diterimaatauH0ditolak.DiterimanyaH1inimenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswayangdiajardenganmenyisipkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)lebihtinggidaripadamotivasibelajarsiswayangdiajartanpamodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT).HasilanalisisterhadaphasilbelajardilakukandenganujiUMann-Whitneydiperolehnilaizsebesar87220.599yanglebihkecildarinilaikritiszyaitu1.645sehinggaH0diterimaatauH1ditolak.DiterimanyaH0inimenunjukkanbahwatidakterdapatperbedaanantarahasilbelajarsiswayangdiajardenganmenyisipkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)dansiswayangdiajartanpamodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT).