Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Darusalam Baureno Bojonegoro pada mata pelajaran fisika / Nurul Afia Zuhairini
Main Author: | Zuhairini, Nurul Afia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20450/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)motivasihasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandiSMPDarussalamBaurenoBojonegoroditemukanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswapadapelajaranfisikamasihrendah.Motivasibelajarrendahditandaidengansaatprosespembelajaranberlangsungbeberapasiswatampakkurangmemperhatikandanributsendiriterutamasiswayangdudukdibelakang.Ketikadiberikantugasadayangmengerjakanmengerjakantetapibelumselesaidanadayangtidakmengerjakan.Hasilbelajaryangrendahditunjukkandengannilairata-rataujiantengahsemestergasalsiswa.Nilai-nilaitersebutadalahsebesar5482untukkelasVIIA5438untukkelasVIIBdan5838untukkelasVIIC.Olehkarenaituperludilakukanperbaikanterhadappembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaranbarudenganharapandapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarfisikasiswa.SalahsatuusahayangdapatdilakukanadalahmencobakanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimen.Rancanganpenelitiannyaadalaheksperimensemudandesainpenelitianyangdigunakanadalahposttestonlycontrolgroupdesign.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIISMPDarussalamBaurenoBojonegoroyangterdiridaritigakelassebagaipopulasipenelitiansedangkansampelnyaadalahkelasVIIBsebagaikelaseksperimendanVIIAsebagaikelaspembanding.Setiapkelasyangmenjadisubjekpenelitianterdiridari39siswa.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanberupaRPPdaninstrumenpengukuranberupalembarangketmotivasidaninstrumentes.Berdasarkanhasilanalisisterhadapmotivasibelajardenganujitdiperolehnilait4.39yanglebihbesardari1050448105162310516041051605105160810516151.693sehinggaH1diterimaatauH0ditolak.DiterimanyaH1inimenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswayangdiajardenganmenyisipkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)lebihtinggidaripadamotivasibelajarsiswayangdiajartanpamodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT).HasilanalisisterhadaphasilbelajardilakukandenganujiUMann-Whitneydiperolehnilaizsebesar87220.599yanglebihkecildarinilaikritiszyaitu1.645sehinggaH0diterimaatauH1ditolak.DiterimanyaH0inimenunjukkanbahwatidakterdapatperbedaanantarahasilbelajarsiswayangdiajardenganmenyisipkanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)dansiswayangdiajartanpamodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT).