Penerapan model pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan animasi swishmax untuk meningkatkan motivasi dan presatasi belajar siswa kelas X-6 SMAN 1 Tumpang / Kurnia Krisnawati
Main Author: | Krisnawati, Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20442/ |
Daftar Isi:
- KataKunciSiklusBelajar5EanimasiSWiSHmaxmotivasibelajarprestasibelajarBerdasarkanhasilobservasidanwawancaraawaldikelasX-6didapatkanbahwamotivasidanprestasibelajarsiswamasihrendah.Hal-halyangmenunjukkanmotivasibelajarsiswarendahyaitupadasaatgurumenyampaikanmateribeberapasiswamasihadayangtidakmemperhatikanpenjelasangurukarenagurulebihfokusmenulispenjelasanmateridipapantulissehinggakegiatansiswakurangterawasi.Sebagiankecilsiswayangbenar-benarmenulispenjelasanguruyangadadipapantulissedangkansebagianbesarsiswamengobrolantartemansedangkansiswabangkubelakangbermainHp.Halinidisebabkanposisiguruberadapadabangkunyatidakberkelilingmengawasikegiatansiswa.Setelahitugurumemberikancontohsoaldanmemberikankesempatansiswabertanya.Padasaatsiswadiberikesempatanbertanyasebagiankecilsiswaberanibertanyajikaadayangkurangpahamtentangmateriyangdiajarkan.Padasaatpemberiansoaldiakhirpembelajaransebagianbesarsiswasalingmencontohjawabantemannya.HalinimerupakanindikatorbahwamasihbanyaksiswayangbelumpahamkonsepFisikayangdiajarkanguru.PrestasisiswatergolongrendahdilihatdarihasilulanganharianbabOptikdengannilairata-ratakelas69.NilaitersebutmasihberadadibawahnilaiKKMyangditetapkansekolahsebesar75.Motivasidanprestasibelajarsiswarendahdikarenakanmodelpembelajaranyangdigunakankurangbervariasidanlebihbersifatteachercentereddaripadastudentcenteredsehinggasiswakurangaktifdalamkegiatanpembelajaran.SalahsatuupayauntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswadikelasX-6SMAN1TumpangmelaluipenerapanmodelpembelajaranSiklusBelajar5Eyangbersifatstudentcenteredyaitusiswayanglebihaktifdalamkegiatanpembelajaran.ModelSiklusBelajar5Eterdiridari5tahapanyaituengagementexplorationexplanationelaborationdanevaluation.TahapengagementdanexplanationpenelitimenambahkananimasiSWiSHmaxuntukmempermudahpenjelasandanmenarikperhatiansiswapadapelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanpembelajaranmodelSiklusBelajar5EberbantuananimasiSWiSHmaxdalammeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswakelasX-6SMAN1Tumpang.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdankuantitatif.Jenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.SubyekpenelitianadalahsiswakelasX-6SMAN1Tumpang.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupalembarobservasicarried