Penerapan model pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan animasi swishmax untuk meningkatkan motivasi dan presatasi belajar siswa kelas X-6 SMAN 1 Tumpang / Kurnia Krisnawati

Main Author: Krisnawati, Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20442/
Daftar Isi:
  • KataKunciSiklusBelajar5EanimasiSWiSHmaxmotivasibelajarprestasibelajarBerdasarkanhasilobservasidanwawancaraawaldikelasX-6didapatkanbahwamotivasidanprestasibelajarsiswamasihrendah.Hal-halyangmenunjukkanmotivasibelajarsiswarendahyaitupadasaatgurumenyampaikanmateribeberapasiswamasihadayangtidakmemperhatikanpenjelasangurukarenagurulebihfokusmenulispenjelasanmateridipapantulissehinggakegiatansiswakurangterawasi.Sebagiankecilsiswayangbenar-benarmenulispenjelasanguruyangadadipapantulissedangkansebagianbesarsiswamengobrolantartemansedangkansiswabangkubelakangbermainHp.Halinidisebabkanposisiguruberadapadabangkunyatidakberkelilingmengawasikegiatansiswa.Setelahitugurumemberikancontohsoaldanmemberikankesempatansiswabertanya.Padasaatsiswadiberikesempatanbertanyasebagiankecilsiswaberanibertanyajikaadayangkurangpahamtentangmateriyangdiajarkan.Padasaatpemberiansoaldiakhirpembelajaransebagianbesarsiswasalingmencontohjawabantemannya.HalinimerupakanindikatorbahwamasihbanyaksiswayangbelumpahamkonsepFisikayangdiajarkanguru.PrestasisiswatergolongrendahdilihatdarihasilulanganharianbabOptikdengannilairata-ratakelas69.NilaitersebutmasihberadadibawahnilaiKKMyangditetapkansekolahsebesar75.Motivasidanprestasibelajarsiswarendahdikarenakanmodelpembelajaranyangdigunakankurangbervariasidanlebihbersifatteachercentereddaripadastudentcenteredsehinggasiswakurangaktifdalamkegiatanpembelajaran.SalahsatuupayauntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswadikelasX-6SMAN1TumpangmelaluipenerapanmodelpembelajaranSiklusBelajar5Eyangbersifatstudentcenteredyaitusiswayanglebihaktifdalamkegiatanpembelajaran.ModelSiklusBelajar5Eterdiridari5tahapanyaituengagementexplorationexplanationelaborationdanevaluation.TahapengagementdanexplanationpenelitimenambahkananimasiSWiSHmaxuntukmempermudahpenjelasandanmenarikperhatiansiswapadapelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanpembelajaranmodelSiklusBelajar5EberbantuananimasiSWiSHmaxdalammeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswakelasX-6SMAN1Tumpang.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdankuantitatif.Jenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.SubyekpenelitianadalahsiswakelasX-6SMAN1Tumpang.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupalembarobservasicarried