Analisis kestabilan lapisan tanah untuk pertimbangan pemilihan jenis paku bumi di Jalan Soekarno Hatta Kota Malang dengan menggunakan metode seismik refraksi / Pradipta Pramuda Putranto

Main Author: Putranto, Pradipta Pramuda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20426/
Daftar Isi:
  • KataKunciFrictionPileKestabilanTanahPakuBumiMetodeSeismicRefractionTelahdilakukanpenelitianuntukmengetahuistrukturgeologisdiKecamatanLowokwaruMalang.Strukturgeologisyangdiamatiadalahtentangkestabilantanahuntukpenancapanpakubumi.Metodeyangdigunakanadalahmetodeseismikrefraksiyaitumetodeyangbekerjaberdasarkangelombangseismicyangdirefraksikanmengikutilapisan-lapisanbumidibawahpermukaan.Waktutempuhgelombangantarasumbergetardanpenerimaakanmenghasilkangambarantentangkecepatandankedalamanlapisan.Penelitianinidilakukansebanyakempatposisihorizontaldenganmenggunakanmetodeseismicrefractiondenganluasarea25mx20m.Teknikpengukurandilakukandidasarkanpadastackingchartyangtelahdibuatsebelumnyayangdisesuaikandengankondisilapangan.Metodeseismicrefractiondigunakanuntukmengetahuivariasikecepatangelombangkedalamanlapisandanjenislapisandidaerahpenelitian.Darihasilpengukuranseismikdananalisisdatadiperolehkesimpulantentangtigalapisantanahyaitupadalapisanpertamadenganvariasikecepatanantara32231m/s33801m/smerupakanlapisanpemukaanlapukdengankedalamanantara214m210m.Padalapisankeduadenganvariasikecepatanantara53237m/s56147m/smerupakanlapisankerikilataupasirkeringyangmemilikikedalamanantara438m442mdanpadalapisanketigadenganvariasikecepatanantara66736m/s69914m/smerupakanlapisanpasirbasahdengankedalamanantara713m788m.JenistiangpancangyangcocokdigunakanpadafondasibangunandidaerahpenelitianadalahjenistiangFrictionPile.