Pengembangan instrumen tes pilihan ganda untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada pokok bahasan dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar / Revinda Afifatintia
Main Author: | Afifatintia, Revinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20425/ |
Daftar Isi:
- KataKunciinstrumentespilihangandamiskonsepsidinamikarotasidankese-timbanganbendategarMiskonsepsiadalahperbedaankonsepsiseseorangdengankonsepsiyangdimilikiparaahlidalambidangtertentuyangtelahdiyakinikebenarannya.Mis-konsepsidapatmengganggupemikiransiswabaikketikamengerjakansoalmaupunketikasiswamenerimamateriberikutnya.Miskonsepsidapatdisebabkankarenaadanyafaktorinternaldaridalamdirisiswadanfaktoreksternal.Alatidentifikasimiskonsepsiyangselamainidikembangkanadalahpetakonseptesesaitertuliswawancaradandiskusidalamkelas.Alatyangdikembangkanterse-butdalamprosesanalisisnyamembutuhkanwaktulamasehinggasebagianbesarguruengganuntukmelakukanidentifikasimiskonsepsi.Atasdasarkendalaterse-butmakadikembangkanalatyangdapatmengidentifikasimiskonsepsidantidakmembutuhkanwaktuyanglamadalamprosesanalisisnyaberupapengembanganinstrumentespilihangandapadamateridinamikarotasidankesetimbanganbendategar.Penelitianpengembangan(ResearchandDevelopment)inimemanfaatkanmodifikasidarisepuluhlangkahpenelitiandanpengembanganyangdikemukakanolehBrogdanGall.Langkah-langkahpenelitiandanpengembangantersebutada-lahsebagaiberikut(1)studipendahuluan(2)perencanaan(3)pengembanganprodukawal(4)ujilapanganawal(5)revisiprodukutama.Produkakhirpenelitianpengembanganiniadalahinstrumentespilihangandasebagaialatidentifikasimiskonsepsi.Instrumeninidikembangkanberda-sarkanresponsiswaterhadapsoaluraianyangdiujicobakanpadasiswa.Setiapbutirpilihangandamemilikiempatpilihanjawabanyangterdiriatassatujawabanbenardantigajawabanpengecoh.Keempatpilihanjawabandisusunberdasarkanjawabansiswadalamsoaluraianyangmengandungmiskonsepsi.Kelayakanprodukinididasarkanpadahasilvalidasiolehtimahli(dosendanguruSMA)danujicobasatukali(terbatas)padasiswa.Selainitujugadilaku-kananalisiskelayakanmenggunakanprogramAAFF.HasilanalisisvalidasiolehvalidatordanprogramAAFFmenunjukkanbahwainstrumentesyangtelahdisusunsudahmemenuhikriterialayaknamunmasihperluadanyarevisiberdasarkansarankritikdantanggapandarivalidator.Instrumenpilihangandayangdikembangkanmampumembedakansiswayangmengalamimiskonsepsidanyangtidakmiskonsepsisertamampumengelompok-kansiswaberdasarkanbentukmiskonsepsinya.Prosesidentifikasidilakukande-nganmelihatkecenderunganjawabansiswa