Studi tentang pengembangan instrumen penilaian prstasi belajar fisika bentuk uraian pada materi kesetimbangan benda tegar di SMA Negeri se-kota Malang / Jihan Amalia

Main Author: Amalia, Jihan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20424/
Daftar Isi:
  • KatakuncipengembanganinstrumenpenilaianbentukuraianPenilaianmerupakansalahsatukompetensiyangharusdikuasaiolehgurumaupuncalonguru.Penilaianadalahkegiatanpengumpulandanpengolahandatatentangprosesdanhasilbelajarsiswasehinggamenjadiinformasiyangbermaknadalammenentukantingkatpencapaianhasilbelajarsiswa.Agarkegiatanpenilaianberjalansesuaidenganfungsinyamakaadaproseduryangharusditempuholehgurusebagaipenilai.Kualitasinstrumenpenilaianjugaperludiperhatikanlayakatautidaknya.Dalamprosedurpenilaiangurumenyesuaikandengandenganteknikpenilaianyangdipilih.Salahsatuteknikpenilaianyangdigunakanolehguruadalahteknikpenilaiantestertulisbentukuraian.Penilaianbentukiniberfungsiuntukmengukurkemampuanberpikirtingkattinggidankemampuankomplekslainnyayangdimilikiolehsiswa.Selamainiinformasitentangprosedurdankualitasinstrumenpenilaianbentukuraiandalamkegiatanpembelajaransangatsedikit.Olehkarenaitustuditentangpengembanganinstrumenpenilaianbentukuraianpentinguntukdilakukan.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanprosedurpenilaiansertakualitasinstrumenpenilaianhasilbelajarfisikabentukuraianpadamaterikesetimbanganbendategaryangdilakukanolehgurufisikaSMAnegerise-kotaMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandenganteknikwawancaraangketdanpenilaianproduk.Datayangterkumpuldianalisismenggunakanstatistikdeskriptif.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehinformasimengenaiketerlaksanaanprosedurpengembanganinstrumenpenilaianbentukuraianpadamaterikesetimbanganbendategarsertakualitasinstrumenyangdikembangkanolehgurufisikaSMAnegerise-kotaMalang.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwagurufisikaSMAnegerise-kotaMalangselalumelakukanpersiapanpenilaian(100%).Sedangkantahapanalisisdantindaklanjutjarangdilakukandenganpersentase47.5%untuktahapanalisisdan20%untuktahaptindaklanjut.Tahapanalisismeliputivalidasisoalpenentuantingkatreliabilitassoaltingkatkesukaranbutirsoalsertadayabedabutirsoal.Tahaptindaklanjutberupakegiatanmemperbaikiinstrumenuntukdigunakandimasamendatang.Sedangkanuntukkualitasinstrumenpenilaianbentukuraianyangdibuatolehgurusecarakeseluruhankualitasnyabaik.