Studi tentang pengembangan instrumen penilaian prstasi belajar fisika bentuk uraian pada materi kesetimbangan benda tegar di SMA Negeri se-kota Malang / Jihan Amalia
Main Author: | Amalia, Jihan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20424/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipengembanganinstrumenpenilaianbentukuraianPenilaianmerupakansalahsatukompetensiyangharusdikuasaiolehgurumaupuncalonguru.Penilaianadalahkegiatanpengumpulandanpengolahandatatentangprosesdanhasilbelajarsiswasehinggamenjadiinformasiyangbermaknadalammenentukantingkatpencapaianhasilbelajarsiswa.Agarkegiatanpenilaianberjalansesuaidenganfungsinyamakaadaproseduryangharusditempuholehgurusebagaipenilai.Kualitasinstrumenpenilaianjugaperludiperhatikanlayakatautidaknya.Dalamprosedurpenilaiangurumenyesuaikandengandenganteknikpenilaianyangdipilih.Salahsatuteknikpenilaianyangdigunakanolehguruadalahteknikpenilaiantestertulisbentukuraian.Penilaianbentukiniberfungsiuntukmengukurkemampuanberpikirtingkattinggidankemampuankomplekslainnyayangdimilikiolehsiswa.Selamainiinformasitentangprosedurdankualitasinstrumenpenilaianbentukuraiandalamkegiatanpembelajaransangatsedikit.Olehkarenaitustuditentangpengembanganinstrumenpenilaianbentukuraianpentinguntukdilakukan.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanprosedurpenilaiansertakualitasinstrumenpenilaianhasilbelajarfisikabentukuraianpadamaterikesetimbanganbendategaryangdilakukanolehgurufisikaSMAnegerise-kotaMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandenganteknikwawancaraangketdanpenilaianproduk.Datayangterkumpuldianalisismenggunakanstatistikdeskriptif.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehinformasimengenaiketerlaksanaanprosedurpengembanganinstrumenpenilaianbentukuraianpadamaterikesetimbanganbendategarsertakualitasinstrumenyangdikembangkanolehgurufisikaSMAnegerise-kotaMalang.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwagurufisikaSMAnegerise-kotaMalangselalumelakukanpersiapanpenilaian(100%).Sedangkantahapanalisisdantindaklanjutjarangdilakukandenganpersentase47.5%untuktahapanalisisdan20%untuktahaptindaklanjut.Tahapanalisismeliputivalidasisoalpenentuantingkatreliabilitassoaltingkatkesukaranbutirsoalsertadayabedabutirsoal.Tahaptindaklanjutberupakegiatanmemperbaikiinstrumenuntukdigunakandimasamendatang.Sedangkanuntukkualitasinstrumenpenilaianbentukuraianyangdibuatolehgurusecarakeseluruhankualitasnyabaik.