Pengembangan bahan ajar fisika berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada pokok bahasan optika geometri untuk SMA kelas X semester II / Eki Luthfintri

Main Author: Luthfintri, Eki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20420/
Daftar Isi:
  • KatakuncibahanajarfisikaSAVIoptikageometriDalamsuatuprosespembelajarandiperlukanbahanajaruntukmembantujalannyaprosespembelajarantersebut.Bahanajaryangdigunakanharuslahmemenuhikriteriabahanajaryangbaiksehinggasiswamudahmemahamimateri.Berdasarkanhasilsurveiyangdilakukanpadagurudansiswaditemukanbahwasiswakurangaktifdalampembelajaran.Haliniditunjukkandenganbelumadanyainisiatifsiswauntukmembacamaupunmengerjakansoallatihanyangadapadabahanajarfisika.SalahsatucarayangditempuhyaitudenganmengembangkanbahanajarfisikaberbasisSAVI(SomaticAuditoryVisualIntellectual)yangdiharapkanmampumeningkatkankemampuansiswauntukaktifbergerakberbicaramengamatimenemukankonsepdanmemecahkanmasalahdalampembelajaranfisika.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanmengetahuikarakteristiksertamengetahuikelayakanbahanajarfisikaberbasisSAVI(SomaticAuditoryVisualIntellectual)padapokokbahasanoptikageometriuntukSMAKelasXsemester2.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmenggunakanlimalangkahawalmetodeBorgdanGallyaitupenelitiandanpengumpulandataperencanaanpengembangandrafprodukujicobadanrevisihasilujicoba.Kelayakandiukurdenganmenggunakanujivaliditasolehtimahlimateri(duadosenfisikadansatugurufisikaSMANegeri4Malang)sertapenggunabahanajar(sepuluhsiswaSMANegeri4Malang).HasilpenelitianmenunjukkanbahwabahanajarfisikaberbasisSAVIpadapokokbahasanoptikageometrimemperolehnilairata-rata344daripenilaiantimahliyangberartilayak.Darisiswadiperolehnilairata-rata3.40yangberartilayak.Haliniberartibahanajaryangdisusunsudahlayakuntukdigunakan.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanuntukmelakukanpenelitianpengembanganlebihlanjutterhadapbahanajarfisikatersebutdenganmelakukanujicobalebihluassehinggadiperolehbahanajarfisikaberbasisSAVIpadapokokbahasanoptikageometriyangterujivaliditasnyasecaraempiris.