Implementasi strategi konflik kognitif dengan eksperimen untuk memperbaiki miskonsepsi pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Hestiningtyas Yuli Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Hestiningtyas Yuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20408/ |
Daftar Isi:
- KatakunciStrategikonflikkognitifeksperimenmiskonsepsiBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMANegeri9Malangdiketahuibahwapemahamankonsepmaterifisikamasihrendah.Halinidisebabkanolehkurangnyavariasimetodepembelajaranmetodepembelajaranyangseringdigunakanolehguruadalahmetodeceramah.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiimplementasistrategikonflikkognitifsertapengaruhnyaterhadapperbaikanmiskonsepsiyangdialamiolehsiswa.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifyangbersifatdeskriptifdanmenggunakananalisisdenganpendekataninduktif.JenispenelitianyangdilakukanadalahPenelitianTindakanKelastermasukpenelitiankualitatifmeskipundatayangdikumpulkanbisasajabersifatkuantitatif.Uraiandalamlaporanbersifatdeskribtifdalambentukuraiankata-kata.Tindakanyangdiberikanadalahstrategikonflikkognitifdenganmenggunakaneksperimen.SubyekpenelitianiniadalahkelasX8yangterdiridari13siswaputradan24siswaputri.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahdenganmetodedokumentasiteskuesionerobservasidanwawancara.BerdasarkanhasilpenelitianImplementasistrategikonflikkognitifdenganeksperimenuntukmemperbaikimiskonsepsipokokbahasansuhudankalorterlaksanadenganbaikdenganpersentaseketerlaksanaansemakinmeningkatselamasiklusIdansiklusIIdanmiskonsepsijugadapatdiperbaikidilihatdarinilaitesakhirsiklussemakinmeningkatselamasiklusIdansiklusII.