Implementasi strategi konflik kognitif dengan eksperimen untuk memperbaiki miskonsepsi pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Hestiningtyas Yuli Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Hestiningtyas Yuli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20408/
Daftar Isi:
  • KatakunciStrategikonflikkognitifeksperimenmiskonsepsiBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMANegeri9Malangdiketahuibahwapemahamankonsepmaterifisikamasihrendah.Halinidisebabkanolehkurangnyavariasimetodepembelajaranmetodepembelajaranyangseringdigunakanolehguruadalahmetodeceramah.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiimplementasistrategikonflikkognitifsertapengaruhnyaterhadapperbaikanmiskonsepsiyangdialamiolehsiswa.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifyangbersifatdeskriptifdanmenggunakananalisisdenganpendekataninduktif.JenispenelitianyangdilakukanadalahPenelitianTindakanKelastermasukpenelitiankualitatifmeskipundatayangdikumpulkanbisasajabersifatkuantitatif.Uraiandalamlaporanbersifatdeskribtifdalambentukuraiankata-kata.Tindakanyangdiberikanadalahstrategikonflikkognitifdenganmenggunakaneksperimen.SubyekpenelitianiniadalahkelasX8yangterdiridari13siswaputradan24siswaputri.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahdenganmetodedokumentasiteskuesionerobservasidanwawancara.BerdasarkanhasilpenelitianImplementasistrategikonflikkognitifdenganeksperimenuntukmemperbaikimiskonsepsipokokbahasansuhudankalorterlaksanadenganbaikdenganpersentaseketerlaksanaansemakinmeningkatselamasiklusIdansiklusIIdanmiskonsepsijugadapatdiperbaikidilihatdarinilaitesakhirsiklussemakinmeningkatselamasiklusIdansiklusII.