Asesmen portofolio pada pembelajaran aktif untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika / Antiriesna Priandita

Main Author: Priandita, Antiriesna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20407/
Daftar Isi:
  • Katakunciasesmenportofoliokemampuanmelaksanakanpembelajaran.AsesmenportofoliopadamatakuliahStrategiPembelajaranFisika(SPF)tahunajaran2009/2010belummencapaikesempurnaankarenatugas-tugasyangdikumpulkanolehmahasiswamasihberupalembaran-lembarankertasyangdijadikansatudalamstofmap.Halinimenyebabkantugas-tugastidakterorganisasisecarateratur.SelainituasesmenportofoliopadamatakuliahSPFsebelumnyatidakadarefleksidanevaluasisehinggamahasiswatidakdapatmelakukanrefleksidanevaluasisecaratertulis.TujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikankemajuanbelajarmerancangRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)kemampuanmengimplementasikanRPPdenganasesmenportofoliodanmendeskripsikanresponmahasiswaterhadapasesmenportofolio.PenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifmenggunakanasesmenportofoliopadapembelajaranaktifmatakuliahSPF.SubjekpenelitianadalahmahasiswaProdiPendidikanFisika2008kelasAA/CC.PenelitiandilaksanakanpadabulanFebruari-April2011terdiridaritigatahap.Tahap1mahasiswamendapatkanmateriteoribelajardanmengumpulkantugasportofolioanalisisteoribelajar.Tahap2mahasiswamendapatkanmaterimodelpembelajarandanmengumpulkantugasportofolioanalisismodelpembelajarandanrancanganRPP.Padatahapimplementasimahasiswamelaksanakanpeerteaching.KemajuanbelajardiamatimelaluiketuntasanmengerjakantugasportofoliotestertulismerancangRPPdanmenyusunportofolio.KemampuanimplementasiRPPdiamatimelaluipeerteaching.Responmahasiswaterhadapportofoliodiketahuimelaluiwawancara.Datadianalisisdenganmenghitungnilaitugasportofolionilaitestertulissertamengolahhasilwawancara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalebihdari50%mahasiswamampumerancangRPPdanmengimplementasikanRPPsetelahmelakukanrevisipadatugasportofolio.HalinimengindikasikanasesmenportofoliomampumendeskripsikankemajuanbelajarmerancangRPPdankemampuanmengimplementasikanRPP.Responmahasiswaterhadapasesmenportofoliojugasangatantusiasuntukpelaksanaanpembelajaranyanglebihbaikkedepannya.