Asesmen portofolio pada pembelajaran aktif untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika / Antiriesna Priandita
Main Author: | Priandita, Antiriesna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20407/ |
Daftar Isi:
- Katakunciasesmenportofoliokemampuanmelaksanakanpembelajaran.AsesmenportofoliopadamatakuliahStrategiPembelajaranFisika(SPF)tahunajaran2009/2010belummencapaikesempurnaankarenatugas-tugasyangdikumpulkanolehmahasiswamasihberupalembaran-lembarankertasyangdijadikansatudalamstofmap.Halinimenyebabkantugas-tugastidakterorganisasisecarateratur.SelainituasesmenportofoliopadamatakuliahSPFsebelumnyatidakadarefleksidanevaluasisehinggamahasiswatidakdapatmelakukanrefleksidanevaluasisecaratertulis.TujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikankemajuanbelajarmerancangRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)kemampuanmengimplementasikanRPPdenganasesmenportofoliodanmendeskripsikanresponmahasiswaterhadapasesmenportofolio.PenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifmenggunakanasesmenportofoliopadapembelajaranaktifmatakuliahSPF.SubjekpenelitianadalahmahasiswaProdiPendidikanFisika2008kelasAA/CC.PenelitiandilaksanakanpadabulanFebruari-April2011terdiridaritigatahap.Tahap1mahasiswamendapatkanmateriteoribelajardanmengumpulkantugasportofolioanalisisteoribelajar.Tahap2mahasiswamendapatkanmaterimodelpembelajarandanmengumpulkantugasportofolioanalisismodelpembelajarandanrancanganRPP.Padatahapimplementasimahasiswamelaksanakanpeerteaching.KemajuanbelajardiamatimelaluiketuntasanmengerjakantugasportofoliotestertulismerancangRPPdanmenyusunportofolio.KemampuanimplementasiRPPdiamatimelaluipeerteaching.Responmahasiswaterhadapportofoliodiketahuimelaluiwawancara.Datadianalisisdenganmenghitungnilaitugasportofolionilaitestertulissertamengolahhasilwawancara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalebihdari50%mahasiswamampumerancangRPPdanmengimplementasikanRPPsetelahmelakukanrevisipadatugasportofolio.HalinimengindikasikanasesmenportofoliomampumendeskripsikankemajuanbelajarmerancangRPPdankemampuanmengimplementasikanRPP.Responmahasiswaterhadapasesmenportofoliojugasangatantusiasuntukpelaksanaanpembelajaranyanglebihbaikkedepannya.