Pengaruh pembelajaran siklus empirikal abduktif dengan the 5E learning cycle model terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Nina Yunita Prastiwi

Main Author: Prastiwi, Nina Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20406/
Daftar Isi:
  • Katakunciprestasibelajarsiklusempirikalabduktifthe5Elearningcyclemodel.Guru-gurudiSMPNegeri2Malangtelahmencobamenerapkanmodel-modelpembelajaraninovatifuntukmeningkatkanprestasibelajarfisikanamunmasihmengalamikesulitandalamimplementasinya.Peningkatanprestasibelajarsangateratkaitannyadenganmetodeataupendekatanyangrelevandengankegiatansiswayangharusmelibatkansiswadalamberbagaiaktivitas.Olehsebabitumodelpembelajaransiklusempirikalabduktifdenganthe5Elearningcycleadalahsalahsatualternatifpemecahannya.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarsiswafisikayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaransiklusempirikalabduktifdenganthe5ElearningcycledanpembelajarankonvensionalpadamateripokokpembiasancahayakelasVIIISMPNegeri2Malang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganeksperimentalsemu(quasiexperimentaldesign)denganmenggunakanteknikpurposesampling.Penelitiandilakukanpada36siswakelasVIIIEsebagaikelaseksperimendan40siswakelasVIIIFsebagaikelaskontrol.PenelitiandilaksanakandiSMPNegeri2MalangpadabulanApril2011denganobjekpenelitianadalahmateripokokpembiasancahaya.Instrumenpenelitianprestasibelajarmeliputisoalpretestdanpostest.Tesyangdilakukantelahdivalidasidandiketahuireliabilitasnyasebesar075.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanyangtidaksignifikanpadatarafsignifikansi005antarasiswayangbelajarmenggunakanpembelajaranthe5Elearningcycledengansiklusempirikalabduktifdengansiswayangtidakbelajarmenggunakanpembelajaranthe5Elearningcycledengansiklusempirikalabduktiftetapisignifikanpadataraf0280.Jikadilihatdarinilairata-rataprestasibelajaryangmenggunakanpembelajaranthe5Elearningcycledengansiklusempirikalabduktifdankonvensionalterdapatperbedaan.Hasilperhitungannilairata-rataprestasibelajarpadakelompokeksperimenadalah7817dannilairata-ratapadakelompokkontroladalah7495.Datatersebutdapatdiketahuibahwanilairata-rataprestasibelajarlebihtinggidenganmenggunakanpembelajaranthe5Elearningcycledengansiklusempirikalabduktifdaripadanilairata-rataprestasibelajaryangmenggunakanmetodekonvensional.