Pengaruh pembelajaran siklus empirikal abduktif dengan the 5E learning cycle model terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Nina Yunita Prastiwi
Main Author: | Prastiwi, Nina Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20406/ |
Daftar Isi:
- Katakunciprestasibelajarsiklusempirikalabduktifthe5Elearningcyclemodel.Guru-gurudiSMPNegeri2Malangtelahmencobamenerapkanmodel-modelpembelajaraninovatifuntukmeningkatkanprestasibelajarfisikanamunmasihmengalamikesulitandalamimplementasinya.Peningkatanprestasibelajarsangateratkaitannyadenganmetodeataupendekatanyangrelevandengankegiatansiswayangharusmelibatkansiswadalamberbagaiaktivitas.Olehsebabitumodelpembelajaransiklusempirikalabduktifdenganthe5Elearningcycleadalahsalahsatualternatifpemecahannya.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarsiswafisikayangbelajarmenggunakanmodelpembelajaransiklusempirikalabduktifdenganthe5ElearningcycledanpembelajarankonvensionalpadamateripokokpembiasancahayakelasVIIISMPNegeri2Malang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganeksperimentalsemu(quasiexperimentaldesign)denganmenggunakanteknikpurposesampling.Penelitiandilakukanpada36siswakelasVIIIEsebagaikelaseksperimendan40siswakelasVIIIFsebagaikelaskontrol.PenelitiandilaksanakandiSMPNegeri2MalangpadabulanApril2011denganobjekpenelitianadalahmateripokokpembiasancahaya.Instrumenpenelitianprestasibelajarmeliputisoalpretestdanpostest.Tesyangdilakukantelahdivalidasidandiketahuireliabilitasnyasebesar075.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanyangtidaksignifikanpadatarafsignifikansi005antarasiswayangbelajarmenggunakanpembelajaranthe5Elearningcycledengansiklusempirikalabduktifdengansiswayangtidakbelajarmenggunakanpembelajaranthe5Elearningcycledengansiklusempirikalabduktiftetapisignifikanpadataraf0280.Jikadilihatdarinilairata-rataprestasibelajaryangmenggunakanpembelajaranthe5Elearningcycledengansiklusempirikalabduktifdankonvensionalterdapatperbedaan.Hasilperhitungannilairata-rataprestasibelajarpadakelompokeksperimenadalah7817dannilairata-ratapadakelompokkontroladalah7495.Datatersebutdapatdiketahuibahwanilairata-rataprestasibelajarlebihtinggidenganmenggunakanpembelajaranthe5Elearningcycledengansiklusempirikalabduktifdaripadanilairata-rataprestasibelajaryangmenggunakanmetodekonvensional.