Penerapan model pembelajaran REACT untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 14 Malang / Bunga Andityas Puspita
Main Author: | Puspita, Bunga Andityas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20404/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranREACTKemampuanKerjaIlmiahPemahamanKonsepBerdasarkanhasilobservasidikelasVIII.1SMPNegeri14Malangdiketahuibahwasiswamasihbelumterampilmenggunakanalat-alatpercobaan.Bahkanmerekamenggunakanalattersebutuntukbermain-main.Dalamsatukelompokumumnyasiswayangaktifbekerjahanyaduaanaksajasedangkananggotakelompokyanglainnyahanyamencatathasilnyaataubahkandiamsaja.LKSyangdigunakansiswajugatidakdikumpulkansehinggakemampuansiswamengumpulkandatamenyusunkesimpulandanmembuatlaporantidakdapatdinilai.Darisinidapatdikatakanbahwakemampuankerjailmiahsiswamasihrendah.DisampingituberdasarkanwawancarayangdilakukandengangurumatapelajaranFisikadikelastersebutdiperolehinformasibahwanilaikriteriaketuntasanminimumuntukmatapelajaranFisikaadalah72danpersentasekeberhasilankelasnya85%.PembelajaranFisikadikelasinisudahdilakukandenganvariasiantarapercobaanceramahdandiskusi.Namunhasilnyabelumbisamaksimal.Halinidapatdilihatdarinilaiulanganhariansiswayangtidakterlalutinggi.MisalnyapadapokokbahasanTekanandisemesterganjil2010/2011siswayangtuntashanya13siswadari38siswakelastersebut.Halinimengindikasikanbahwapemahamankonsepsiswajugamasihrendah.Salahsatucaramengatasimasalahrendahnyapamahamankonsepdankemampuankerjailmiahsiswainiadalahdenganpengelolaanbelajaryangbaikdanefektifsalahsatunyadenganpendekatanpembelajarankontekstual.REACTmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdikembangkandaripendekatanpembelajarankontekstualtersebut.TahapandalamREACTterdiridarirelatingexperiencingapplyingcooperatingdantransferring.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranREACTuntukmeningkatkankemampuankerjailmiahdanpemahamankonsepFisikasiswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.InstrumenyangdigunakanadalahlembarobservasiketerlaksanaanpembelajarandenganmodelREACTlembarobservasikemampuankerjailmiahsiswadansoaltesuntukmengetahuipemahamankonsepFisikasiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakemampuankerjailmiahsiswameningkatsebesar68%yaitudarisiklusIsebesar756%danpadasiklusIImenjadi824%.Nilairata-ratapemahamankonsepsiswasebelumpenerapantindakanadalah65padapokokbahasanTekanan.SetelahtindakanpadasiklusIdilaksanakannilairata-ratapemahamankonsepFisikasiswasiswameningkatmenjadi728danterusmeningkatpadasiklusIIyaitumenjadi80.