Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran problem based instruction (PBI) pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 20 Malang / Septa Wulan Yudiantari

Main Author: Yudiantari, Septa Wulan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20363/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelProblemBasedInstruction(PBI)KemampuanBerpikirKritisCeramahdanlatihansoalmerupakanmetodeyangdigunakangurufisikakelasVIIIFSMPNegeri20Malang.Metodepembelajaraninitidakmembantupeningkatankemampuanberpikirkritissiswa.Halinidisebabkanolehrendahnyapemahamankonsepfisikasiswasehinggakemampuanberpikirsiswatidakberkembang.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkatkankemampuanberpikirkritissiswa.KetercapaiantujuantersebutdilakukandenganmenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedInstruction(PBI).Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitiandilaksanakanselamaduasiklusdengandisertaiperbaikandisetiapsiklusnya.Tahapanyangdigunakandalampenelitianiniadalahperencanaantindakanobservasitindakansertarefleksi.TindakanyangdiberikanpadasiklusIdansiklusIIberupapenerapanskenariopembelajaranmodelPBIyangterdiridarilimalangkahyaituorientasisiswapadapembelajaranmengorganisasisiswauntukbelajarmembimbingpenyelidikanindividudankelompokmengembangkandanmenyajikanhasilkaryaevaluasidanpemecahanmasalah.Sedangkankemampuanberpikirkritisyangdiukurdalampenelitianiniadalahmemberikanpenjelasansederhanamembangunketerampilandasarmenyimpulkanmemberikanpenjelasanlanjutsertamembuatstrategidantaktik.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIFSMPNegeri20Malangyangterdiridari40siswadenganrincian17siswaputradan23siswaputri.Pokokbahasanyangdigunakanadalahgetarangelombangdanbunyi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswamengalamipeningkatansetelahdiberitindakandenganmenerapkanlangkahpembelajaranmodelPBI.PeningkatankemampuanberpikirkritissiswaditunjukkandenganpeningkatanpersentasekemampuanberpikirkritispadasiklusIsebesar72%meningkatmenjadi81%padasiklusII.