Penerapan penilaian kinerja (performance assesment) pada mata pelajaran fisika dengan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan siswa Madrasah Aliyah Matsaratul Huda Penempan Pamekasan (MAN) melakukan kegiatan ilmiah oleh Achmad Hafidi

Main Author: Hafidi, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20347/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHrfidiAchmad.2003.PenerapanPenilaiqnKinerla(PerformancAessesmenl)PadaMataPelajaranlisikaDenganPembektjaranKooperatiJ(lntukMeningkatftaKnemampuanSiswaMadrasahAliyahMatsaratulHudaPanefrpanPemekasa(nMAMDalamMelakukanKegiatanllmiuh.Skripsi.JurusanPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(II)HeriyantoS.Pd.M.Si.KatakuncipenilaiankinerjapelajaranfisikakemampuansiswakegiatanilmiahBelajarfisikabukanhanyaberhadapadnenganteon-teonrumus-rumuastaudenganmenghafaslajamelainkanharusberbuatsesraturnengalamimelihatdanmemecahkapnermasalahadnengansegalaaspekyangberkaitandengannyahalinidapadtilakukandengansalahsatupembelajarabnerbasisaktivitas.Pembelajaraneksperimentamsienuntutevaluastiidakhanyauntukmengetahuaipayangdiketahuiolehsiswatetapijugaapayangdapatdilakukanolehsiswa.SelamainipenilaianatauevaluasyiangdigunakanuntukmengetahukieberhasilapnembelajaralnebihdititikberatkapnadafbrmatiftesyangdrlakukanpadaakhirpelajaranP.adahalpnerapaenvaluastiersebukturangefektifdalammengetahuhiasilprosespembelajarankarenaitupenelitiinginmenerapkaenvaluasdialambentukpenilaiankinerjaQterformancaessessmendt)enganpembelajaraknooperatif.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuaipakahpenempanpenilaiankinerjaQterformancaessessmendt)enganpembelajaraknooperatifdapatmeningkatkaknemampuansiswadalammelakukankegiatanilmiah(observasimerumuskahnipotesisdaninferensi)P.enelitiandilaksanakadnikelas12(putri)MadrasahAliyahMatsaratuHluda(MAM)PanempanPamekasapnadasemeste2rtahunpelajaran20021200.3HasilanalisisdatapenelitianmenunjukkanbahwaketerampilansiswadalammelakukanobservasmierumuskanhipotesisdaninferensmiengalampieningkatandariputaranIsampapiutaranIIIyaituketerampilanmelakukanobservas7i22o/o944%972o/doaninferensi50%833%I00%merumuskanhipotesis708%833%958%danmengevaluashiipotesis556%834o/o889o/omengumpulkandata722o/o833o/o972ondanmenganalisidsala607otoI00%1000/0K.etuntasankelasdariputaranIsampapiutaranIIIadalah955%100%100%.Berdasarkahnasilpenelitianinipenelitimenyarankaangardalampembelajaranfisikaditerapkanmetodepenilaiankinerjasehinggaguruakanmemperolehpenilaianprodukprosesdansikapilmiahsecarautuh.0L