Implementasi pembelajaran fisika berbasis konstruktivis dalam upaya peningkatan aspek kognitif dan aspek psikomotor pada siswa kelas II semester II SMU Negeri I Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Asmawi
Main Author: | Asmawi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20346/ |
Daftar Isi:
- PraktisipendidikanterusmelakukanberbagaiupayadalammemajukanpndidikandiantaranyadenganmeningkatkankualitaspembelajaranU.sahameningkatkankualitaspembelajarandilakukandenganupayamenerapkanpembelajarabnerbasiskonstruktivis.Konstruktivismerupakansuaturujukanpenbelejannyangberanggapabnahwapengetahuanyangdiperolehsiswadikonsfrukssiiswasendiri.Pengetahuadniperolehsiswasecaraaktifdenganberintraksliangsungdenganobye(pengalamandanlingkunganmerekadansmata-matbaukanditerimasecarapasifdarigurumereka.PenelitianinibertujuanuntukmengetahupieningkatanaspekkognitifdanaspekpsikomotorsiswaSMUNIMalangmelaluipenerapanpembelajarankonstuktivisA.spekkognitifyangdimaksuddalampenelitianiniadalahaspekyangberkaitandengankecerdasasniswasedangkaanspekpsikomotoradalahaspekyangberkaitandenganketerampilanmotoriksiswa.selainitupenelitianinijugauntukmenghasilkapnerangkaptembelajarabnerbasiskonstruktivisyangtelahterujidapatmeningkatkanaspekkognitifdanaspekpsikomotorsiswa.khususnypaadapokokbahasanOptikageometr(ipembiasancahayadanpembiasacnahayapadalensacembung)danpokokbahasanalatoptik(lupmikroskopdanieleskop).PenelitiandilaksanakadniSMUNIMalangpadasemestegrenaptahunajaran20021200S3u.byekpenelitiannyaadalahsiswaKelasII-2.Jenispenelitianiniadalahkualitatifdalambentukpenelitiantindakankelas.Tindakanyangdiberikanadalahmenerapkapnembelajaraknonstruktivisdenganmodersiklusbelajayrangterdiridaritigatahapyaitutahapeksplorasitahappengenalankonsepdantahappeneftrpaknonsep.Penelitiandilaksanakadnaiamduasiklus.SiklusIpadapokokbahasanoptikageometrisedangkasniklusIIpadapokokbahasanalatoptik.HasilanalisisdanrefleksipadasiklusIdansiklusIImenunjukkabnahwaaspekkognitifdanaspekpsikomotorsiswameningkastelamapembelajaran.Peningkatanaspekkognitifsiswaditandaidenganpeningkatanskorsiswapadasetiapevaluasdiariduasiklusyangtelahdilaksanakanp.eningkatanaspekpikomotorsiswaterjadipadaketerampilanmengamatimenggunakaanlatdanbahanmenafsirkanpengamatanmengkomunikasikadnanmenerapkaknonsep.HasilpenelitianinijugamenunjukkanbahwaskenariopembelajaraynangdilengkapdienganLKSberbasiskonstruktivismampumeningkatkanaspekkognitifdan-aspepksikomotorpadasiswakelasII-2semesteIrISMUNiMalanepadabidangstudifisika.