Implementasi pembelajaran fisika berbasis konstruktivis dalam upaya peningkatan aspek kognitif dan aspek psikomotor pada siswa kelas II semester II SMU Negeri I Malang tahun ajaran 2002/2003 oleh Asmawi

Main Author: Asmawi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20346/
Daftar Isi:
  • PraktisipendidikanterusmelakukanberbagaiupayadalammemajukanpndidikandiantaranyadenganmeningkatkankualitaspembelajaranU.sahameningkatkankualitaspembelajarandilakukandenganupayamenerapkanpembelajarabnerbasiskonstruktivis.Konstruktivismerupakansuaturujukanpenbelejannyangberanggapabnahwapengetahuanyangdiperolehsiswadikonsfrukssiiswasendiri.Pengetahuadniperolehsiswasecaraaktifdenganberintraksliangsungdenganobye(pengalamandanlingkunganmerekadansmata-matbaukanditerimasecarapasifdarigurumereka.PenelitianinibertujuanuntukmengetahupieningkatanaspekkognitifdanaspekpsikomotorsiswaSMUNIMalangmelaluipenerapanpembelajarankonstuktivisA.spekkognitifyangdimaksuddalampenelitianiniadalahaspekyangberkaitandengankecerdasasniswasedangkaanspekpsikomotoradalahaspekyangberkaitandenganketerampilanmotoriksiswa.selainitupenelitianinijugauntukmenghasilkapnerangkaptembelajarabnerbasiskonstruktivisyangtelahterujidapatmeningkatkanaspekkognitifdanaspekpsikomotorsiswa.khususnypaadapokokbahasanOptikageometr(ipembiasancahayadanpembiasacnahayapadalensacembung)danpokokbahasanalatoptik(lupmikroskopdanieleskop).PenelitiandilaksanakadniSMUNIMalangpadasemestegrenaptahunajaran20021200S3u.byekpenelitiannyaadalahsiswaKelasII-2.Jenispenelitianiniadalahkualitatifdalambentukpenelitiantindakankelas.Tindakanyangdiberikanadalahmenerapkapnembelajaraknonstruktivisdenganmodersiklusbelajayrangterdiridaritigatahapyaitutahapeksplorasitahappengenalankonsepdantahappeneftrpaknonsep.Penelitiandilaksanakadnaiamduasiklus.SiklusIpadapokokbahasanoptikageometrisedangkasniklusIIpadapokokbahasanalatoptik.HasilanalisisdanrefleksipadasiklusIdansiklusIImenunjukkabnahwaaspekkognitifdanaspekpsikomotorsiswameningkastelamapembelajaran.Peningkatanaspekkognitifsiswaditandaidenganpeningkatanskorsiswapadasetiapevaluasdiariduasiklusyangtelahdilaksanakanp.eningkatanaspekpikomotorsiswaterjadipadaketerampilanmengamatimenggunakaanlatdanbahanmenafsirkanpengamatanmengkomunikasikadnanmenerapkaknonsep.HasilpenelitianinijugamenunjukkanbahwaskenariopembelajaraynangdilengkapdienganLKSberbasiskonstruktivismampumeningkatkanaspekkognitifdan-aspepksikomotorpadasiswakelasII-2semesteIrISMUNiMalanepadabidangstudifisika.