Efektifitas penerapan pembelajaran konstekstual dengan metode kooperatif dan kolaborasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pokok bahasan listrik arus searah terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Eni La
Main Author: | Lailiyah, Eni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20343/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkansumberdatagurupengajarfisikaprestasibelaiatfisikasiswakelasIISMULaboratoriumUniversitasNegeriMalangmasihdibawahratratadikarenakanolehbeberapafaktorsalahsatunyaadalahpenggunaanmetodekonvensionMl.akadalampenelitianinidiajukanduaalternatifmetodepembelajaranyaitumetodepembelajarankooperatifdanmetodepembelejarankolaborasi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuimanakahdiantarametodekooperatifmetodekolaborasidanmetodekonvensionalyangpalingefektifterhadapprestasbielajarfisikasiswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitiansemieksperimendengan3sampelterpisahdalamsatupopulasi.Kemampuanawalmasing-masingkelompokdiukurdenganmenggunakanpra-tes.Prestasibelajarfisikasiswadiukurdenganpasca-tes.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIISMULaboratoriumUMtahunajaran2001l200b2erjumlah235siswayangterdiridari5kelassampedlalampenelitianin.iadalahsiswakelasII-1dankelasII-5yangdiambilsecaraacakyangmasing-masinkgelasberjumlah46siswa.Dariduakelassampedlikelompokkanmenjad4ikelompokyaitukelompokujicobakonvensionaklooperatifdankolaborasiU.ntukmengujihipotesisdigunakanujitdananalisisvariansatujalanDarihasilanalisisUji-tGaindidapat-6.66tr-190tz-z2.09danttua1.67padatarafsignifikasi5%dengandk(NN-2).HalinimenunjukkanbahwametodekooperatiflebihefektifdarikonvensionalmetodekolaborasilebihefektifdarikonvensionadlankooperatiflebihefektifdarikolaborasiD.andarihasilanavascheffetest1-24.78i-z1.99Iz-t2.84danttur-1.67pa.datarasfigrrifrkas5i%dengandk(NN-2).DengandemikianmetodekooperatiflebihefektifdaripadakonvensionalmetodekolaborasilebihefektifdarikonvensionadlanmetodekooperatiflebihefektifdaripadakolaborasidengananavadapatdisimpulkanbahwametodekooperatifpalingefektifdibandingkanmetodekolaborasidanmetodekonvensionatelrhadapprestasbielajarsiswakelasIISMULaboratoriumUM.Disarankankepadapengajaruntukmenggunakanmetodekooperatifdankolaborasisebagaailtematifmstodepembelajarasnelaianmetodekonvensional.