Efektifitas penerapan pembelajaran konstekstual dengan metode kooperatif dan kolaborasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pokok bahasan listrik arus searah terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas II SMU Laboratorium Universitas Negeri Malang oleh Eni La

Main Author: Lailiyah, Eni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20343/
Daftar Isi:
  • BerdasarkansumberdatagurupengajarfisikaprestasibelaiatfisikasiswakelasIISMULaboratoriumUniversitasNegeriMalangmasihdibawahratratadikarenakanolehbeberapafaktorsalahsatunyaadalahpenggunaanmetodekonvensionMl.akadalampenelitianinidiajukanduaalternatifmetodepembelajaranyaitumetodepembelajarankooperatifdanmetodepembelejarankolaborasi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuimanakahdiantarametodekooperatifmetodekolaborasidanmetodekonvensionalyangpalingefektifterhadapprestasbielajarfisikasiswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitiansemieksperimendengan3sampelterpisahdalamsatupopulasi.Kemampuanawalmasing-masingkelompokdiukurdenganmenggunakanpra-tes.Prestasibelajarfisikasiswadiukurdenganpasca-tes.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIISMULaboratoriumUMtahunajaran2001l200b2erjumlah235siswayangterdiridari5kelassampedlalampenelitianin.iadalahsiswakelasII-1dankelasII-5yangdiambilsecaraacakyangmasing-masinkgelasberjumlah46siswa.Dariduakelassampedlikelompokkanmenjad4ikelompokyaitukelompokujicobakonvensionaklooperatifdankolaborasiU.ntukmengujihipotesisdigunakanujitdananalisisvariansatujalanDarihasilanalisisUji-tGaindidapat-6.66tr-190tz-z2.09danttua1.67padatarafsignifikasi5%dengandk(NN-2).HalinimenunjukkanbahwametodekooperatiflebihefektifdarikonvensionalmetodekolaborasilebihefektifdarikonvensionadlankooperatiflebihefektifdarikolaborasiD.andarihasilanavascheffetest1-24.78i-z1.99Iz-t2.84danttur-1.67pa.datarasfigrrifrkas5i%dengandk(NN-2).DengandemikianmetodekooperatiflebihefektifdaripadakonvensionalmetodekolaborasilebihefektifdarikonvensionadlanmetodekooperatiflebihefektifdaripadakolaborasidengananavadapatdisimpulkanbahwametodekooperatifpalingefektifdibandingkanmetodekolaborasidanmetodekonvensionatelrhadapprestasbielajarsiswakelasIISMULaboratoriumUM.Disarankankepadapengajaruntukmenggunakanmetodekooperatifdankolaborasisebagaailtematifmstodepembelajarasnelaianmetodekonvensional.