Pengaruh pembelajaran kelompok dengan polakooperatif dan pola acak terhadap pertumbuhan konsep fisika siswa SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang kelas 1 semester 2 tahuna pelajaran 2002/2003 oleh Erfan Ahyadi

Main Author: Ahyadi, Erfan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20329/
Daftar Isi:
  • PembelajarankelompokdenganpolakooperatifbelumbanyakdipraktekkandiSLTPIndonesi4karenadampakpositiftyabelumbegitudapatdirasakan(Koes2000).PembelajarankelompokyangadabiasanyadilakukandengancaraacaksehinggahasildariprosespembelajarankurangdapatdirasakanH.aliniberdasarkanhasilwawancaradenganbeberapaguruSLTPdiJawaTimuryangmengikutiactionresearch(2001)menunjukkanbahwadampakpositifnyabelumdapatterlihat(Koes2002).OIehsebabitupenelitianiniberhljuanuntukmengetahupiolainteraksisiswadalamkelompoksiswaSLTPyangdirancangdenganpolakooperatif.DisampingitupenelitianinibertujuanuntukmengetahupiengaruhpolainteraksisiswaterhadappertumbuhankonsepFisikasiswaSLTP.Penelitianinitermasukjenispenelitiantakmurni(quasiexsperiment)dengandesainyangdipilihadalahmodelhibrid.PopulasipenelitianadalahsiswakelasISLTPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangtahunpelajaran200212003S.ampelpenelitiandipilihsecaraacaksehinggasampelyangterpilihadalahkelaslbsebagakielompokeksperimendankelasldsebagakielompokkontol.Masing-masingkelasterdii42dan44siswadenganjumlahtotialsiswasebanyak86siswa.DatatentanginteraksidianalisissecaradeskriptifsedangkandatatentangpertumbuhankonsepFisikasiswadianalisisdenganregresilinier.UntukmengetahupierbedaanpertumbuhankonsepFisikaantarapolakooperatifdenganpolaacakselanjutnyadianalisisdenganujiT-testuntukkesejajaranduagarisregresi.Hasilanalisismenunjukkanhal-halsebagabierikut.Pertamapolapengelompokaknooperatifdapatmenumbuhkankebersamaadnansalingkebergantungaanntaranggotakelompok.KeduapertumbuhankonsepFisikasiswayangdikelompokkandenganpolakooperatiflebihtinggidibandingkanpertumbuhankonsepFisikasiswayangdikelompokkandenganpolaacak