Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan laboratorium sebagai penunjang dalam pembelajaran fisika di SMPN Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan oleh Nasrudin Fahmi
Main Author: | Fahmi, Nasrudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20327/ |
Daftar Isi:
- Laboratoriumfisikamerupakansalahsafupenunjangterbentuknyaprosespembelajaranyangsangatbaikdalammencapaitujuanpembelajaranfisika.Untukitulaboratoriumfisikaperludiberdayakansecaraoptimaldarisegipangelolaandanpemanfaatansehinggadapatmembantusiswameningkatkanpenguasaankonsepfisikapengetahuannyatadanpengembanganketerampilansertamembinasiswauntukmempunyaisikaptelitijujurdanhati-hati.Penelitianinibertujuanrmtukmengetahuifaktor-faktorpendukungdanpenghambatdalampemberdayaanlaboratoriumIPAsebagaipemrnjangdalampembelajaranfisika.PenelitianinidilaksanakandienamsekolahsMPNegeridiKecamatanKandanganKabupatenHuluSungaiSelatanpadasemesterItahunajaran200312004.Penelitianinimerupakanstudisurveidalambentukdeskriptifjenisnyaadalahkumtitatif.Analisisyangdigunakanadalahtelnikanalisispersentasi.Hasilpenelitianmenunjukanadanyafaktor-faktorpendukungdanpenghambatdalarnpemberdayaanlaboratoriumIPA.Faktoryangmendukungadalahsudahadaguru-gurufisikayangmerupakanlulusandiplomaIIIfisikawalauprmjumlahnyamasihsedikit.Sebagianpernahmengikutiperatarantentangpemberdayaanlaboratorium.Ruanglaboratoriumyangdilengkapifasilitassertapemanfaatanlaboratoriumcukupbaik.Adapunfaktoryangmenghambatantaralainadalahtidakadadanauntukpenambahanfasilitaslaboratorium.Sertakondisiguru-gurufisikayangmasihdidominasiolehlulusanbukandaripendidikanfisika.Disarankankepadaparakepalasekolahmaupunguru-gurufisikadanparasiswaagarlebihmemperhatikmkondisilaboratoriummereka.Kepadaparagurufisikakhususnyaagarlebihmemperhatikanpembelajaranmenggunakanlaboratoriumunhrkmemacusemangatparasiswasupayalebihbersemangadtalambelajarfisika.