Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan laboratorium sebagai penunjang dalam pembelajaran fisika di SMPN Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan oleh Nasrudin Fahmi

Main Author: Fahmi, Nasrudin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20327/
Daftar Isi:
  • Laboratoriumfisikamerupakansalahsafupenunjangterbentuknyaprosespembelajaranyangsangatbaikdalammencapaitujuanpembelajaranfisika.Untukitulaboratoriumfisikaperludiberdayakansecaraoptimaldarisegipangelolaandanpemanfaatansehinggadapatmembantusiswameningkatkanpenguasaankonsepfisikapengetahuannyatadanpengembanganketerampilansertamembinasiswauntukmempunyaisikaptelitijujurdanhati-hati.Penelitianinibertujuanrmtukmengetahuifaktor-faktorpendukungdanpenghambatdalampemberdayaanlaboratoriumIPAsebagaipemrnjangdalampembelajaranfisika.PenelitianinidilaksanakandienamsekolahsMPNegeridiKecamatanKandanganKabupatenHuluSungaiSelatanpadasemesterItahunajaran200312004.Penelitianinimerupakanstudisurveidalambentukdeskriptifjenisnyaadalahkumtitatif.Analisisyangdigunakanadalahtelnikanalisispersentasi.Hasilpenelitianmenunjukanadanyafaktor-faktorpendukungdanpenghambatdalarnpemberdayaanlaboratoriumIPA.Faktoryangmendukungadalahsudahadaguru-gurufisikayangmerupakanlulusandiplomaIIIfisikawalauprmjumlahnyamasihsedikit.Sebagianpernahmengikutiperatarantentangpemberdayaanlaboratorium.Ruanglaboratoriumyangdilengkapifasilitassertapemanfaatanlaboratoriumcukupbaik.Adapunfaktoryangmenghambatantaralainadalahtidakadadanauntukpenambahanfasilitaslaboratorium.Sertakondisiguru-gurufisikayangmasihdidominasiolehlulusanbukandaripendidikanfisika.Disarankankepadaparakepalasekolahmaupunguru-gurufisikadanparasiswaagarlebihmemperhatikmkondisilaboratoriummereka.Kepadaparagurufisikakhususnyaagarlebihmemperhatikanpembelajaranmenggunakanlaboratoriumunhrkmemacusemangatparasiswasupayalebihbersemangadtalambelajarfisika.