Peningkata motivasi belajar fisika dengan pendekatan pembelajaran kontekstual model inkuiri siswa kelas IC SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2003/2004 oleh Wiwin Eka Agustini

Main Author: Agustini, Wiwin Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20324/
Daftar Isi:
  • PemilihanmodelpembelajaramnerupakansuatuhalyangsangaptentingdidalammenentukankualitasprosesdanhasilbelajarmengajarB.erdasarkahnasilwawancaragurufisikakelasICSLTPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangmengemukakabnahwamateripelajaranbanyakdisampaikanmelaluiceramahsedangkapnraktikumjarangdilaksanakaknarenakekuranganperalatandanmembutuhkawnaktuyanglebihbanyak.selainitumotivasibelajarsiswarendah.Haliniterlihatdarimalasnyasiswadalammengerjakatnugas-tugabselajarbaiktugasdisekolahmaupuntugasrumah.Salahsatupembelajaramnodelbaruyangtampaknyadapatmeningkatakankualitasprosesdanhasilbelajaradalahpembelajarankontekstuamlodelinkuiri.Pembelajaraknontekstuailnimemiliki7komponenutamayaitukonstruktivismemenemukanbertanyamasyarakabtelajarpermodelanrefleksidanpenilaiansebenarnyaP.embelajaraknontekstuamlerupakankonseppembelajaranyangmembantugurumengaitkanantaramateripembelajarandengansituasidunianyatasiswadanmendorongsiswamembuahtubunganantarapengetahuaynangdimilikinyadenganpenerapannydaalamkehidupansehari-hari.Sedangkatnahaptahapdaripembelajaramnodelinkuiriadalah(1)tahappengajuanmasalah(2)tahappenstrukturamnasalah(3)tahappengdjuanhipotesisda(n4)tahappelaksanaaenksperimen.PenelitianinibertujuanuntukmengetahupieningkatanmotivasibelajarfisikasiswakelasICyangberjumlah43siswamelaluipenerapanpembelajarankontekstualmodelinkuiri.Penelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiankualitatifdanjenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklus.Masing-masinsgiklusterdiridari4tahapyaitu(l)perencanaatnindakan(2)pelaksanaatinndakan(3)observasdian(4)relleksi.lnstrumenyangdigunakanuntukmengukurmotivasibelajarfisikasiswaantaralainberupaobservasiwawancardaanangket.HasilpenelitianmenunjtrkkabnahwasisrvakelaslcsLTPLaboratoriumuniversitasNegeriMalangmengalamipeningkatanmotivasibelajarsetelahdiberitindakanpembelajaraknontekstuamlodelinkuiri.Peningkatanmotivasiditandaidenganmeningkatnyaindikatorpartisipasdialamkelompokmotivasimendalamipelajaranketertarikanpadapelajaranfisikakegiatanbelajarsiswausahamenyelesaikatnugasdanmotivasiberprestasi